Freeport Kerahkan 200 Orang Evakuasi Korban Longsor Bawah Tanah

PT Freeport Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng
VIVAnews -
Yen Amblas ke Level Terendah dalam 34 Tahun, Menkeu Jepang Bakal Ambil Tindakan
Presiden Direktur Freeport Indonesia, Rozik B. Soetjipto, Rabu, 15 Mei 2013, menyatakan sekitar 39 pekerja menghadiri refresher class di fasilitas pelatihan bawah tanah Big Gossan.

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

"Pada pukul 7:30 pagi waktu setempat (WIT), saat peserta sedang berkumpul di dalam ruang kelas pelatihan,  sebagian  terowongan di  dalam area pelatihan  runtuh," kata Rozik dalam konferensi pers di Sheraton Bandara Hotel, Tangerang.
Prof Yudan dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Kayla Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi


Ia menjelaskan Freeport Indonesia menerjunkan sekitar 200 tenaga penyelamat ke tempat kejadian untuk mengevakuasi korban. Upaya penyelamatan menjadi lebih sulit karena terbatasnya ruang di dalam terowongan dan adanya risiko runtuhan atap lebih lanjut.


"Mereka harus menggunakan peralatan-peralatan ringan dan manual seperti penghancur batu, gergaji dan kereta dorong, dan bukan alat-alat berat," katanya.


Pada pukul 03:15 WIT, tim evakuasi menemukan 10 pekerja selamat dan 4 korban meninggal dunia akibat runtuhnya terowongan. Saat  ini  kami  terus mengerahkan  tenaga untuk menyelamatkan dan melakukan evakuasi bagi 25 pekerja lainnya yang masih terperangkap di Big Gossan.


"Semua yang selamat telah dibawa ke rumah sakit perusahaan di Tembagapura dan dilaporkan dalam kondisi stabil. Satu dari mereka telah diterbangkan ke Jakarta untuk mendapat perawatan lebih lanjut pagi ini. Lima orang  lainnya direncanakan akan diterbangkan besok," katanya. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya