PT KAI Luncurkan Angkutan Kontainer Sidoarjo-Jakarta

Kereta api melintas di pinggir Danau Singkarak, Sumatera Barat
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Terobosan baru dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) guna menunjang kelancaran, kecepatan, dan ketepatan angkutan barang, khususnya peti kemas atau kontainer.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

Manajer Angkutan PT KAI Daop VIII, Arum Darumaya, Jumat 17 Mei 2013, menjelaskan bahwa untuk pertama kali, rangkaian gerbong kontainer ukuran 40 feed telah diberangkatkan dari Sidoarjo, Jawa Timur, pada pukul 22.15 WIB Kamis malam 16 Mei 2013, menuju Jakarta.

"Kami luncurkan 18 rangkaian gerbong datar dari Stasiun Waru di Sidoarjo menuju Sungai Langua di Jakarta," ujar Arum di Surabaya, Jawa Timur, Jumat 17 Mei 2013.

Dijadwalkan, rangkaian gerbong kontainer itu akan tiba di Jakarta setelah menempuh 10 jam perjalanan.

Arum menambahkan, selain bisa dimanfaatkan para perusahaan jasa angkutan, terobosan baru yang dilakukan PT KAI itu juga diharapkan mampu membantu mengatasi kepadatan arus lalu lintas di jalan raya.

"Ke depan, jadwal keberangkatan kereta angkutan barang dengan menggunakan kontainer ini dilakukan setiap hari," kata Arum.

Pada kesempatan perdana itu, sejumlah gerbong yang diangkut adalah milik PT BWI (Bumi Wijaya Indorel), yang berkantor di Surabaya.

Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024