BISNIS

Mendag Usul, UKM Tak Usah Bayar Pajak

Hanya 20 persen orang Indonesia yang punya akses ke dana UKM.

ddd
Sabtu, 18 Mei 2013, 13:34
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan (Antara)
VIVAnews - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengaku prihatin atas kondisi usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Dalam diskusi dengan sejumlah pihak, Gita menemukan, banyak orang ingin membuat usaha tapi terkendala dana.

"UKM itu pendanaannya tidak kecil, rasio populasi yang punya akses pendanaan hanya 20 persen dari total penduduk Indonesia. Jadi bagaimana caranya petani kedelai, pengrajin, atau lainnya bisa jadi pengusaha UKM?" kata Gita dalam pidatonya di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Sabtu 18 Mei 2013.

Kendala lainnya, kata Gita, suku bunga yang besar dibebankan kepada pelaku UKM. "Di Indonesia pinjam, bunganya 20 persen. Di Malaysia hanya 10 persen. Jadi bagaimana kita bisa bersaing?" kata dia.

Inilah, kata Gita, yang menjadi tantangan pemerintah ke depan dalam memajukan UKM. "Maka pemerintah harus mengambil sikap untuk melindungi untuk keberpihakan kepada siapapun yang mau memakan kue ekonomi kita," kata dia.

Sebenarnya, kata Gita, pemerintah bisa membantu para pengusaha UKM. Misalnya, pengusaha UKM tidak perlu bayar pajak dalam kurun waktu tertentu, antara 5-10 tahun. Tak membayar pajak itu, sebagai intensif bagi masyarakat yang mau menjalani UKM.

"Ini sudah dilakukan di Korea, Jepang, Malaysia dan negara-negara Amerika Latin. Karena itu (membuka UKM) sangat mulia dan membuahkan nilai tambah dan lapangan kerja," kata dia. (eh)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id