Dahlan: BRI Agro Siap Beri Kredit Perkebunan Sawit di Jambi

Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia
- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, Minggu 19 Mei 2013, menyatakan sudah ada bank yang bersedia menyediakan kredit atau pinjaman modal untuk penanaman kembali perkebunan kelapa sawit di Jambi.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Bayern Munich vs Arsenal di Liga Champions

"BRI melalui anak usahanya, BRI Agro, siap mendanai kredit penanaman kembali dan bunganya sebesar 6 persen," ujar Dahlan usai acara bertajuk 'BUMN Awards 2013' di gedung Pertamina, Jakarta.
Seminggu Setelah Kepergian, Istri Babe Cabita Disebut Masih Sering Melamun


Dahlan telah berkunjung ke Jambi dan mendengar keluhan para petani perkebunan kelapa sawit tentang penurunan produksi kelapa sawit di sana. Rata-rata tanaman di 22 hektare perkebunan di Jambi sudah berumur tiga puluh tahun, dan harus diganti supaya produktivitasnya bisa bertambah. Tapi, ongkos peremajaan perkebunan sangatlah mahal.


"Mereka tidak bisa
replanting
karena biayanya sangat tinggi, yaitu Rp15 juta per hektare," kata Dahlan. Dia pun telah meminta PT Perkebunan Nusantara VI sebagai penjamin pinjaman modal itu.


Selain itu, Dahlan juga meminta PTPN VI untuk memberikan pendampingan dan edukasi kepada petani dalam memilih benih yang baik, memberikan pupuk yang benar, serta sistem penanaman kelapa sawit demi peningkatan kualitas produksi. Apabila tidak segera bertindak, Dahlan mengkhawatirkan nasib para pekerja yang menggarap perkebunan.


"Ini menyangkut nasib sebelas ribu kepala keluarga (KK) dan bisa menjadi bom waktu," kata Dahlan.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya