Kegiatan Kerja Freeport Dihentikan Selama Evakuasi

Muhaimin Iskandar Tinjau Pembangunan Apartemen
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, menegaskan bahwa seluruh aktivitas kerja PT Freeport Indonesia dihentikan dalam proses pencarian korban longsor.
Agak Laen! Athletic Bilbao Rayakan Juara Copa del Rey dengan Naik Perahu

Longsor terjadi pada Selasa 14 Mei 2013 pukul 07.30 WIT, di tambang bawah tanah Big Gossan milik Freeport Indonesia.
Sudah Video Call, Penyerang Label Eropa Bakal Perkuat Timnas Indonesia?

Muhaimin di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 20 Mei 2013, mengatakan, salah satu metode penyelamatan yang dilakukan yaitu dengan cara menyuntikkan oksigen ke dalam lokasi longsor. Sebab, diharapkan masih ada kemungkinan korban hidup yang bisa diselamatkan.
Akun Instagram Sandra Dewi Mendadak Hilang, Mau Hapus Jejak?

"Kami berharap yang di dalam sekitar 20-an korban ----, supaya segera bisa terjangkau," ujarnya. 

Dia juga mengaku heran mengapa kejadian tersebut dapat terjadi. Sebab, sebagai salah satu perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia, Freeport memiliki metode keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang terbaik.

"Ini sungguh di luar dugaan. Kok bisa saat proses pelatihan, ini bukan proses kerja. Saat proses pelatihan refreshing capacity K3, longsor malah terjadi di situ," tambah Muhaimin.

Untuk itu, Muhaimim menambahkan, proses investigasi harus dilakukan dan dia akan berkoordinasi dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam melakukan investigasi tersebut.

"Kami minta ESDM untuk lebih proaktif. Sebab, kementerian itu yang bisa mengaudit dalam kapasitas pelaksanaan tambang," ungkapnya.

Muhaimin pun mengaku sudah dua kali batal untuk turun langsung ke lapangan. Alasannya, kondisi di lokasi yang masih berat dan cuaca juga sedang tidak kondusif.

"Karena memang semua energi Freeport fokus di situ, sehingga tidak boleh diganggu," tuturnya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya