Pipa Transmisi Gas PGN di Tengah Laut Bocor

Ladang Minyak di Jambi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Elkan Baggott Menggila, Cetak Gol dan Bawa Bristol Rovers Pecundangi Mantan Klubnya
PT Perusahaan Gas Negara Tbk mengakui jaringan pipa transmisi
offshore South Sumatera West Java
Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis
(SSWJ) jalur Labuhan Maringgai-Muara Bekasi Kilometer Poin 138-139, di sekitar Pulau Damar, Kepulauan Seribu, mengalami kebocoran pada Selasa, 21 Mei 2013.
Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Direktur Pengusahaan PGN, Jobi Triananda, dalam keterangan tertulis, Rabu 22 Mei 2013, menjelaskan, titik kebocoran berada pada kedalaman 23 meter di bawah permukaan laut. Lokasi di sekitar wilayah kebocoran saat ini sudah dilokalisasi untuk menghindari peristiwa yang tidak diinginkan.


"PGN telah mengambil langkah-langkah pengamanan awal untuk menghindari timbulnya dampak yang membahayakan bagi keselamatan transportasi kelautan, aktivitas nelayan, dan juga operasional penyaluran gas bumi," kata Jobi.


Pipa dengan diameter 32 inci tersebut akan segera diperbaiki, sehingga gangguan penyaluran gas ke konsumen dapat diminimalisasi. Beberapa langkah preventif dilakukan oleh tim tanggap darurat, salah satunya denganĀ  melakukan penurunan tekanan pada jaringan pipa transmisi tersebut untuk mencegah meluasnya titik kebocoran dan menjaga kondisi jaringan.


"Memperhatikan kondisi kebocoran pada pipa dan meminimalisasi dampak gangguan penyaluran gas kepada pelanggan, maka manajemen memutuskan untuk melakukan perbaikan pipa transmisi tersebut dengan metode
repair clamp
," ujar Jobi.


Dengan ketersediaan perlengkapan pendukung dan jasa teknis, PGN mengharapkan dalam beberapa hari ke depan pipa tersebut dapat beroperasi normal. Saat ini, tim PGN sedang melakukan mitigasi risiko mengenai hal teknis dan komersial serta dampaknya terhadap pelayanan pelanggan.


Komunikasi awal telah dilakukan dan disampaikan kepada regulator, pelanggan, dan pihak-pihak terkait. Selanjutnya, PGN akan menunjuk pihak ketiga yang profesional untuk mengevaluasi, memberikan rekomendasi, dan melaksanakan perbaikan, apabila diperlukan untuk mengembalikan integritas jaringan pipa tersebut.


"Kami mengharapkan dukungan dan kerja sama seluruh
stakeholder
bagi suksesnya upaya perbaikan ini, sehingga penyaluran gas bumi ke Jawa Barat dapat segera berjalan normal," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya