BISNIS

Wamen ESDM: Kesimpulan Awal, Longsor Freeport Musibah

Hasil investigasi independen akan selesai dalam dua bulan.

ddd
Senin, 27 Mei 2013, 14:52
Tambang bawah tanah Freeport Indonesia yang longsor.
Tambang bawah tanah Freeport Indonesia yang longsor. (Wildan Kesuma)
VIVAnews - Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo , Senin 27 Mei 2013, menyatakan kesimpulan awal penyebab terjadinya longsor tambang bawah tanah Freeport Indonesia di Mimika, Papua adalah musibah.

"Ini musibah, untuk kesimpulan awal ini musibah, fenomena awal," kata Susilo menegaskan.

Namun, proses investigasi oleh tim independen yang diketuai dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) akan selesai dalam dua bulan mendatang. Hasil investigasi ini yang akan menentukan apakah fasilitas pelatihan tambang bawah tanah aman digunakan atau perlu dipindahkan.

Jika kesimpulan secara keseluruhan menunjukkan longsor tambang bawah tanah akibat musibah, maka pemerintah tidak akan memberikan sanksi terhadap Freeport Indonesia.

Ia menjelaskan lokasi tambang bawah tanah Freeport bukanlah daerah rawan gempa sehingga perusahaan tidak memasang alat pendeteksi gempa. "Jadi kami heran (mengapa ada runtuhan). Padahal tidak ada getaran sama sekali," katanya.

Seperti diketahui, pusat pelatihan bawah tanah Freeport Indonesia longsor pada pertengahan Mei 2013 lalu dan menewaskan 28 korban jiwa. Pemerintah masih menghentikan operasional tambang produksi dan tambang bawah tanah Freeport Indonesia.

"Untuk daerah tambang yang aktif, inspektur tambang akan lakukan audit. Kalau sudah aman, bisa segera dibuka lagi tambang produksi Freeport," katanya. (umi)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
dhany.djs
28/05/2013
itu bukan musibah itu karena faktor kelengahan pihak terkait seharusnya ispeksi bangunan kantor dan ruang kelas tambang bawah tanah harus ada. bangunan tidak pernah dikontrol. asal bisa pakai saja klo sudah kejadian baru dibilang musibah. memang??????????
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id