Jasa Marga: Jalan Ambles Tol Cikampek Telah Diperbaiki

Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 yang ambles.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M.Ali Khumaini
VIVAnews -
Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya
PT Jasa Marga Tbk menyatakan jalan ambles di ruas tol Cikampek sepanjang 50 meter di KM47+400 dengan lebar 2,5-3,6 meter dan kedalaman 30-40 sentimeter telah selesai diperbaiki pada Senin sore, 27 Mei 2013.

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

"Sudah selesai ditangani, dan kemarin pukul 15.00 WIB seluruh lajur sudah kami buka," kata Direktur Operasi Jasa Marga, Hasanudin kepada
RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi
VIVAnews , Selasa, 28 Mei 2013.


Amblesnya tanah itu, menurut Hasanudin, terjadi karena hujan deras yang terus mengguyur pada Minggu 26 Mei 2013. Selain itu, beban jalan tidak lagi kuat menahan berbagai kendaraan dengan muatan berlebih.


Kondisi itu membuat bahu jalan mengalami penurunan sedalam 20 cm dan di lajur satu antara 5-10 cm. Jasa Marga langsung bertindak cepat dengan memperbaiki jalan yang rusak tersebut.


Jasa Marga telah menganggarkan Rp350 miliar untuk pemeliharan jalan secara keseluruhan. Sekitar 15 persen dari anggaran tersebut dialokasikan untuk peristiwa tidak terduga seperti amblesnya jalan tersebut.


"Nilai 15 persen itu dicadangkan untuk seluruh ruas tol Jasa Marga, bukan hanya yang mengalami penurunan tanah itu," tuturnya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya