Jembatan Kelok 9 Siap Digunakan Lebaran Tahun Ini

Jembatan Layang Kelok Sembilan Diresmikan
Sumber :
  • kabar siang-tvOne

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan bahwa Jembatan Kelok Sembilan, Sumatera Barat, akan diusahakan untuk bisa memulai kegiatan operasional pada lebaran esok yakni pada awal bulan Agustus 2013.

"Sekarang kan tinggal satu sambungan saja, Insya Allah itu bisa nyambung dan bisa dipakai operasional pada lebaran nanti," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, kepada VIVAnews.

Djoko mengungkapkan target operasional jembatan ini adalah menyelesaikan semua bagian jembatan. Namun, jika tak memungkinkan, nanti akan ada bagian yang dibangun belakangan.

Ia mencontohkan, overlay atau pelapisan aspal di atas jembatan masih bisa ditunda. Menurutnya pengerjaan itu tidak terlalu mengganggu perjalanan dan keamanan.

Lain halnya dengan kebutuhan-kebutuhan dasar seperti rambu jalan dan juga guard rail di pinggir jembatan yang menjadi hal wajib sebelum jembatan dinyatakan layak operasi.

"Kalau overlay bisa dikerjakan belakangan setelah fungsional, yang penting nanti bisa dipakai saat lebaran," katanya.

Nantinya akan dibuatkan tim khusus yang tugasnya untuk memelihara jembatan ini layaknya di Suramadu. Tim akan diisi oleh beberapa orang ahli jembatan yang mengerti betul mengenai perawatan.

Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 

Pos Khusus

Sementara itu Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, mengatakan instansinya juga mempertimbangkan untuk membangun pos yang bisa digunakan warga yang melintas untuk bisa melihat keindahan jembatan ini dari atas.

"Akan kami buatkan pos khusus agar bisa melihat jembatan ini secara utuh dari atas," kata Hermanto.

Jembatan Kelok Sembilan merupakan jembatan yang terletak di ruas jalan nasional Bukittinggi-Pekanbaru yang menjadi penghubung lintas tengah Sumatera dengan Pantai Timur Sumatera (Padang-Dumai) dan terletak di kilometer 143-148 ruas jalan tersebut.

Jembatan ini didesain atas enam bentangan jembatan. Bentangan jembatan pertama memiliki panjang 20 meter. Bentang kedua sepanjang 230 meter, bentang ketiga sepanjang 65 meter, bentang keempat 462 meter, bentang kelima 31 meter, dan bentang keenam sepanjang 156 meter.

Jembatan Kelok Sembilan mempunyai total panjang mencapai 964 meter dan jalan penghubung sepanjang 1.537 meter. Pembangunan jembatan dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama telah selesai dan bisa dipergunakan untuk menunjang arus mudik pada 2012. (ren)

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini
Kecelakaan beruntun akibat truk yang ugal ugalan terjadi di Gerbang Tol (GT) Halim, Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim

Polisi mengaku masih kesulitan memeriksa sopir ugal-ugalan yang menyebabkan kecelakaan beruntun di gerbang tol Halim.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024