Pertamina Gandeng Peraih Nobel Bangun RS Khusus Hati

RSPP Jakarta
Sumber :
VIVAnews -
Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu
Perusahaan energi pelat merah, PT Pertamina akan membangun rumah sakit khusus hati yang berlokasi di kawasan Sentul, Bogor. Pertamina mengajak dokter spesialis liver peraih nobel di bidang kimia 2002, Tanaka Khoichi untuk kembangkan rumah sakit tersebut.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, selaku pemegang saham Pertamina, Selasa 4 Juni 2013, menjelaskan bahwa Pertamina bersama Tanaka akan menjadikan rumah sakit tersebut sebagai pusat penanganan penyakit hati berstandar internasional.
Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23


"Profesor Tanaka akan membantu pengembangan rumah sakit. Segala penanganan penyakit berkaitan dengan liver akan menjadi keunggulan rumah sakit ini, termasuk akan menjadi pusat transplantasi hati," kata mantan Dirut PLN ini.


RS ini akan
soft opening
pada Juli 2013 mendatang dan ada peresmian resmi (
grand opening
) pada bulan September-Oktober oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Dahlan mengaku lupa berapa biaya investasi yang digelontorkan untuk pembangunan rumah sakit ini. Namun, dipilihnya penyakit hati untuk fokus rumah sakit ini karena Indonesia termasuk daerah tropis yang mudah virus sumber penyakit hati menjalar dengan cepat.


"Ciuman saja bisa menularkan penyakit. Anak kecil juga berpotensi tertular, apabila orang tuanya mengidap sakit liver," katanya.


Dahlan menambahkan, dibanding negara Eropa dan Amerika Serikat, radang hati sering terjadi di negara tropis seperti Indonesia, Filipina, dan Thailand. "Kalau di Eropa dan Amerika, organ hati rusak karena minuman keras. Kalau di sini rusak karena virus," jelasnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya