Proyek Infrastruktur Kompensasi BBM Fokus ke Daerah Miskin

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum menyatakan bahwa proyek pembangunan infrastruktur sebagai kompensasi kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi akan difokuskan di wilayah yang paling membutuhkan.

"Kementerian PU akan membangun infrastruktur dasar di daerah masyarakat perkotaan, nelayan, dan pedesaan dengan dana Rp6 triliun," ujar Menteri PU Djoko Kirmanto di Jakarta, Rabu 5 Juni 2013.

Djoko menambahkan, dana ini bersumber dari penghematan subsidi BBM sekitar Rp24,6 triliun. Dengan dana Rp6 triliun itu, Kementerian PU akan membuat tiga proyek, yaitu proyek infrastruktur pemukiman, irigasi, dan air minum.

"Masing-masing proyek senilai Rp2 triliun," kata Djoko.

Proyek infrastruktur pemukiman menyasar pada daerah pedesaan dan perkotaan, yaitu di 5 ribu desa dan 1.800 kota di seluruh Indonesia. Sementara itu, proyek sarana air minum ditujukan bagi masyarakat miskin di pedesaan yang kekurangan air.

"Proyek ini kami khususkan di desa nelayan dan pelabuhan," kata dia.

Selanjutnya, proyek pengadaan irigasi diadakan di 4.000 desa. Daerah-daerah ini dipilih pemerintah berdasarkan tingkat kemiskinan.

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

"Kami memilih daerah yang kemiskinannya di atas 50 persen dan kami mendapatkannya dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. Ada 30 persen di Jawa dan 70 persen di luar Jawa," kata Djoko. (art)

Nassar

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

Rekan-rekan artis Nassar ikut merasa berduka, salah satunya adalah Inul Daratista.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024