Cara ASDP Datangkan Kapal ke Indonesia

Suasana Pelabuhan Merak.
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews - PT ASDP Indonesia Ferry akan mengimpor empat kapal roll-off roll-on (roro) dari berbagai negara untuk mengatasi antrean panjang di Pelabuhan Merak-Bakauheni.
Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry, Danang S Baskoro, saat dihubungi
Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa
VIVAnews , Rabu 5 Juni 2013, menjelaskan bahwa empat kapal tersebut berasal dari Inggris dan Korea. 
Ada Kabar Jaksa Peras Saksi hingga Rp3 Miliar, KPK Bilang Begini

Menurut Danang, perseroan nantinya mendatangkan kapal-kapal tersebut dengan cara sewa guna usaha (leasing). "Kami tidak membeli," kata dia.

Dia mengatakan, perusahaan memilih cara menyewa, karena biayanya lebih murah daripada membeli kapal. ASDP menggandeng PT PANN Multi Finance untuk rencana tersebut.

"Dengan cara ini, kami bisa mendapatkan beberapa kapal dengan dana yang terbatas. Misalnya dengan uang tertentu, hanya bisa membeli kapal satu unit. Tapi, kalau menyewa, bisa mendapatkan sepuluh unit," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, sempat mengatakan bahwa perusahaan yang mempunyai 130 kapal ferry ini berencana untuk menerbitkan obligasi senilai Rp200 miliar guna pengadaan kapal berukuran panjang 150 meter dan lebar 21 meter.

Namun, saat dikonfirmasi, perusahaan tersebut belum berniat untuk melakukan hal itu. "Kami belum berniat terbitkan obligasi. Kalau sekiranya perlu, pasti kami akan menerbitkannya," kata Danang.

Selain itu, Danang mengatakan bahwa pemenuhan kebutuhan kapal itu tidak seperti yang lainnya, tidak bisa dilakukan secara instan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. "Kalau sekiranya kapal kurang, ya, kami mencari kapal di market," tuturnya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya