Harga Beras Stabil Akhir Maret

VIVAnews - Harga beras pada akhir bulan Maret ini diperkirakan akan mulai stabil. Kondisi ini didukung oleh musim panen raya padi yang terjadi diseluruh Indonesia pada Maret-April.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, panen raya padi menjadi salah satu faktor penentu harga beras di pasar. "Kita harapkan hasil panen banyak sehingga bisa turun," katanya usai peresmian Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya, di Jakarta, Rabu 18 Maret 2009.

Dengan demikian lanjutnya, jika harga mulai stabil, tingkat inflasi tahunan  bisa sesuai yang diasumsikan pemerintah. Hingga minggu ketiga bulan Maret ini, Kantor Kementerian Bidang Perekonomian mencatat kenaikan harga beras berada pada batas wajar. Beras umum naik harganya sebesar 0,37 persen dibanding bulan Februari, sedangkan untuk beras termurah naik 0,21 persen dibanding harga bulan lalu.

Sementara itu pada musim panen ini pemerintah telah memutuskan ekspor beras boleh dilakukan. Deputi Menko Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurti mengatakan ekspor beras boleh dilakukan oleh swasta dan bulog. "Dengan catatan, izin terlebih dahulu diajukan ke Departemen Perdagangan," katanya.

Rencana volume ekspor beras tahun ini disepakati sebesar 100 ribu ton untuk jenis beras premium. Ekspor bisa dilakukan melalui tiga pelabuhan yakni di Jakarta, Surabaya dan Makasar.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus
Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka korupsi

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Kasus korupsi tata niaga timah yang menjerat suami Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi sorotan, Wapres Ma'ruf Amin buka suara soal jemaah umrah WNI yang ditangkap di Saudi

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024