Jalur Ganda KA Jakarta-Semarang Dikebut Antisipasi Mudik Lebaran

Pembangunan jalur ganda kereta Serpong-Maja
Sumber :
  • Antara/ M Iqbal
VIVAnews – Kementerian Perhubungan mengungkapkan bahwa kementeriannya terus mengusahakan pembangunan jalur kereta ganda (double track) dari Jakarta hingga Semarang.
Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono, ketika ditemui di Jakarta, Jumat 7 Juni 2013, menargetkan double track tersebut bisa rampung pada saat arus mudik Lebaran tahun ini.
Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

"Mudah-mudahan kami bisa selesaikan hingga Semarang. Ada beberapa titik yang optimistis bisa selesai dan ada beberapa yang harus kami lihat kembali," kata dia.
Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

Bambang melanjutkan, beberapa hal yang masih perlu dilihat lagi itu adalah tanah di ruas Cirebon-Brebes. Di ruas ini, masih ada negosiasi dengan 22 kepala keluarga yang harus diselesaikan.

Lalu, dia mengatakan, termasuk di ruas Pekalongan-Semarang, karena ada pembebasan 3-4 segmen yang akan difungsikan. Namun, masih bergantung dari kemajuan di lapangan.

Kendala di lapangan ini, menurut Bambang, adalah perbedaan harga apraisal yang diberikan kementerian, tapi berbeda dengan apa yang diminta oleh warga. Namun, hingga kini, dia terus mengusahakan percepatan proses dialog dengan masyarakat untuk mempercepat proses pembebasan tanah.

Walaupun ada beberapa masalah, dia mengungkapkan, pihaknya tetap berpegang pada target awal, yakni sebelum Lebaran, jalur ganda ini bisa rampung dan bisa difungsikan hingga Semarang.

Sementara itu, sisanya, menurut Bambang, untuk rute Semarang-Bojonegoro dan Bojonegero-Surabaya memang ditargetkan setelah Lebaran.

Sejauh ini, pengerjaan jalur ganda sepanjang 422 kilometer dan bernilai total Rp9,8 triliun itu sudah rampung sebesar 75-80 persen. Untuk target rampungnya, Bambang mengungkapkan, kementerian tetap menargetkan penyelesaian pada akhir 2013. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya