Normalisasi Sungai di Jakarta Tersendat Masalah Lahan

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum mengungkapkan proyek-proyek pengendalian banjir yang dicanangkan pemerintah untuk DKI Jakarta terus berlanjut.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Beberapa proyek seperti normalisasi sungai Pesanggrahan, Angke, dan Sunter hanya tinggal menunggu pembebasan lahan, sedangkan Sodetan Ciliwung sudah memasuki masa tender.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto kepada VIVAnews, Senin 10 Juni 2013, menyatakan bahwa selama ini yang menjadi masalah bagi kementerian untuk melakukan normalisasi sungai adalah pembebasan lahan.

"Pembebasan tanah ini dilakukan oleh Pemda DKI Jakarta dan kami baru bisa kerja kalau tanahnya sudah dibebaskan," ujarnya.

Djoko menjelaskan, kontraktor untuk mengerjakan proses normalisasi sejauh ini di ketiga sungai itu juga telah ditunjuk, setelah memenangkan proses tender. Namun ,para kontraktor hanya bisa melakukan pekerjaan sebidang demi sebidang di tanah yang sudah dibebaskan. Padahal, menurutnya kontraktor telah menumpuk bored pile (tiang pancang) di sepanjang sungai.

"Mereka sudah siap, jadi begitu ada lahan bebas langsung ditanam pile agar tidak ditempati lagi," kata Djoko.

Pengerjaan bidang per bidang ini, menurut Djoko, memang menguras waktu dan juga biaya. Terutama, untuk mobilisasi alat-alat berat. Namun, kontraktor yang mengikuti tender normalisasi sungai ini sudah mendapatkan penjelasan mengenai risiko ini.

Djoko melanjutkan, Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta juga telah meyatakan komitmen dan dukungannya terhadap masalah pembebasan lahan ini. "Pak Jokowi janjim pembebasan tanahnya bisa selesai pertengahan 2014," kata dia.

Target penyelesaian normalisasi sungai adalah tahun depan atau 2014. Untuk itu, menurut Djoko, agar masalah pembebasan tanah tidak menghambat progres kegiatan normalisasi ini, begitu ada sebidang tanah bebas maka akan langsung dinormalisasi. (asp)

Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024