Beberapa Terobosan Baru dari Proyek Jalan Tol Bali

Konstruksi pembangunan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa Bali
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Komisaris PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Ibnu Purna Muchtar, Senin 10 Juni 2013, menyatakan jalan tol di atas perairan (JDP) meniru berbagai tol jembatan di berbagai negara seperti Kanada dan Malaysia. Jalan tol ini merupakan tol pertama di Bali sekaligus di Indonesia yang dibangun di atas laut.

“Desain dan konstruksi sepenuhnya dikerjakan oleh putra terbaik bangsa. Tol sepanjang 12,7 kilometer itu diselesaikan dalam kurun waktu 14 bulan, lebih cepat dari rencana awal yang 18 bulan,” kata Ibnu saat tinjauan lapangan tol JDP di Bali.

Ia menjelaskan, suksesnya pembangunan tol tersebut membuktikan Indonesia memiliki kemampuan dan teknologi yang memadai untuk pembangunan jalan dan jembatan di atas laut. Tak hanya desain dan konstruksi,  biaya investasi jalan tol JDP sebesar Rp2,4 triliun juga sepenuhnya menggunakan dana internal perusahaan dan sumber pembiayaan dalam negeri dengan komposisi 30 banding 70.

“Berbeda dengan Jembatan Suramadu yang dibiayai pinjaman luar negeri dari APBN, Tol Bali murni dibiayai dengan perusahaan dan pinjaman korporasi dalam negeri tanpa sedikitpun memberatkan APBN,” kata Ibnu.

Jika ditilik ke belakang, pembangunan tol JDP untuk mengurai kemacetan parah di sekitar Simpang Dewa Ruci yang menyangga beban begitu berat. Dari survei tersebut, imbuh Ibnu, jumlah kendaraan roda empat atau lebih yang melintasi By Pass Ngurah Rai setiap harinya mencapai lebih dari 40 ribu unit. Ditambah, jumlah sepeda motor yang melintas jauh lebih besar sebanyak 56 ribu unit setiap hari.

Kini, tol JDP sudah dalam komposisi 98 persen rampung. “Awal Juli akan digelar uji coba. Sebelum KTT APEC sudah bisa beroperasi secara normal,” ucapnya optimistis.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Diharap Jadi Inspirasi

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha PT Jasa Marga Tbk,  Abdul Hadi menegaskan pembangunan tol JDP ini wajib menjadi inspirasi pembangunan tol di daerah lain di masa mendatang. Ia berharap nantiya segala pembangunan infrastruktur jalan tak lagi menggunakan dana pinjaman asing yang pada akhirnya memberatkan ABPN.

“Kalau pakai pinjaman luar negeri, engineering, tenaga peralatan dan semuanya diimpor dari luar negeri sehingga kita tidak bisa menggunakan produk lokal,” kata dia.

Dengan tol JDP, jarak tempuh Denpasar-Nusa Dua dapat dipersingkat dari 1-1,5 jam menjadi 15 menit. Pembangunan tol ini memiliki banyak tantangan seperti pasang surut air laut dan cuaca yang tidak menentu.

Hadi menjamin kualitas tol Bali sangat tinggi meski waktu pengerjaan lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono rencana akan meresmikan dan memberikan nama Tol Bali tersebut.

“Tol ini menggunakan 38 ribu tiang pancang yang didatangkan dari berbagai daerah seperti Pulau Jawa dan Jakarta. Aspek keselamatan pengguna kita utamakan dan bangunan ini tahan gempa,” ucap Hadi. (aba)

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024