Pertamina Targetkan East Natuna Operasi 2023

Sumber :
  • Pertamina
VIVAnews -
TNI AL dan Brimob Bentrok di Pelabuhan Sorong, Begini Endingnya
PT Pertamina (Persero) merencanakan gas dari blok East Natuna, Kepulauan Riau, mulai dapat berproduksi pada 2023 dengan kapasitas 1.000 juta kaki kubik (MMSCFD) per hari.

Resmi, Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik dari Erick Thohir soal Nathan Tjoe-A-on

Direktur Hulu Pertamina, M Husen, Senin 10 Juni 2013, mengatakan target tersebut sesuai dengan rencana penembangan (
Ngaku Alami Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Aku Punya Bukti
plant of development /POD) yang diajukan Pertamina kepada pemerintah sejak empat bulan lalu.


POD tersebut, katanya, belum disetujui oleh pemerintah. "Kalau POD disetujui tahun ini, maka produksi bisa dicapai 10 tahun kemudian atau 2023," ujarnya di sela-sela Editor Gathering di Hotel Four Season, Jakarta.


Ia menjelaskan, kapasitas produksi puncak gas Blok East Natuna sebesar 4.000 MMSCFD. Setiap 1.000 MMSCFD gas yang diproduksi, Pertamina menginjeksikan 3.000 MMSCFD gas CO2 ke dalam perut bumi.


"Kalau produksi 4.000 MMSCFD, maka injeksinya 12.000 MMSCFD," ujarnya.


Pertamina merencanakan gas yang dihasilkan East Natuna akan dijual melalui pipa ke domestik dan luar negeri. Sepertigas gas akan didistribusikan ke dalam negeri, sedangkan dua pertiga akan dijual ke negara tetangga di Asean.


Proyek gas Blok East Natuna dikembangkan oleh empat perusahaan migas yaitu Pertamina, ExxonMobil, Total EP dan PTT Thailand. Pertamina menguasai 35 persen hak partisipasi, diikutioleh ExxonMobil 35 persen, Total EP 15 persen dan PTT Thailand 15 persen.


Dalam proposal yang diajukan konsorsium, pengembangan gas East Natuna melalui pipa dengan estimasi biaya investasi US$24 miliar. Konsorsium meminta sejumlah insentif agar pengembangan blok East Natuna bernilai ekonomis dan sedang dikaji Kementerian Keuangan.


Blok East Natuna diperkirakan memiliki cadangan gas 222 triliun kaki kubik dengan 70 persen di antaranya berupa CO2. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya