Pengumuman Kenaikan Harga BBM Tinggal Proses Administrasi

Menteri ESDM Jero Wacik
Sumber :
  • ANTARA/Hum-SDM

VIVAnews - Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2013 sudah disetujui dan mendapat pengesahan rapat paripurna DPR RI kemarin, Senin 17 Juni 2013. Namun, kapan pemerintah akan mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi?

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, Selasa 18 Juni 2013, menyatakan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan segala keperluannya untuk penyaluran kompensasi terlebih dahulu, sebelum resmi memberlakukan kenaikan harga BBM bersubsidi. Kompensasi berupa dana tunai dalam bentuk Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) itu akan disalurkan kepada warga masyarakat miskin.

"Perlu beberapa hari bagi pemerintah mempersiapkan BLSM untuk 15 juta masyarakat. Saya mendengar bahwa pengumuman kenaikan BBM bersubsidi setelah itu," ujar Hidayat di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

Hidayat memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mengurus administrasi atau proses identifikasi pihak-pihak yang akan menerima BLSM itu adalah 3 hingga 4 hari. "Itu tidak boleh salah sasaran," kata Hidayat.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Dalam kesempatan terpisah di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Wacik menjelaskan, setelah pengesahan RAPBN-P 2013 yang memuat usulan kenaikan harga premium menjadi Rp6.500 per liter dan solar Rp5.500 per liter, pemerintah membutuh persiapan penanganan penyaluran kompensasinya.

"Sabar sedikit lah beberapa hari. Tunggu proses administrasinya," ujar Wacik.

Dalam waktu dekat, Wacik melanjutkan, pemerintah akan segera mengumumkan kebijakannya menaikkan harga BBM bersubsidi. "Paling lama seminggu," kata Wacik. (art)

Ilustrasi diskon atau sale.

5 Promo Hari Kartini, Ada Minyak Goreng 2 Liter Cuma Rp30 Ribuan

Memperingati Hari Kartini, sejumlah brand-brand kenamaan memberikan promo menarik. Apa saja promo tersebut?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024