Tarif Delapan Ruas Tol Akan Naik Lagi?

Kenaikan Tarif Tol
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews - PT Jasa Marga Tbk, menyatakan bahwa perseroan mengajukan proposal penyesuaian tarif jalan tol untuk delapan ruas yang mereka kelola kepada Badan Pengelola Jalan Tol.
Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Demikian ditegaskan Direktur Operasi Jasa Marga, Hasanudin, ketika dihubungi VIVAnews, Kamis 20 Juni 2013.
Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Ruas-ruas yang diajukan tersebut, menurut pria yang biasa disapa Hasan ini adalah ruas yang seharusnya mengalami kenaikan tarif pada September tahun ini. Ruas ruas tersebut adalah Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Tangerang, Tol Dalam Kota Jakarta, Tol JORR, Tol Padalarang-Cileunyi, Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang, Tol Surabaya-Gempol, dan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa.
Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Kepala BPJT, Achmad Gani Ghazali, membenarkan Jasa Marga telah mengajukan semua ruas tolnya yang mendapat hak menaikkan tarif pada September 2013. "Jasa Marga sudah mengajukan semua ruasnya, termasuk Tol Dalam Kota yang dikelola bersama dengan CMNP," katanya.

Kenaikan tarif ini didasarkan pada aturan kenaikan tarif tol per dua tahun sekali dalam Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan pasal 48 dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pasal 68.

Kenaikan tarif akan disesuaikan dengan angka inflasi di lokasi tol tersebut berada dalam waktu dua tahun. Pasokan data inflasi nantinya akan meminta input dari Badan Pusat Statistik.

Gani mengungkapkan, tahun ini ada 18 ruas tol yang mengalami penyesuaian tarif. Satu diantaranya yakni Tol Makassar seksi IV sudah direstui oleh Menteri Pekerjaan Umum untuk naik pada April 2013.

Namun, dia mengungkapkan bahwa untuk bisa disetujui kenaikan tarifnya, jalan tol tersebut haruslah lulus dalam penilaian Standar Pelayanan Minimum (SPM) terlebih dahulu. Jika tidak, Badan Usaha Jalan Tol harus memenuhi SPM terlebih dahulu baru bisa dinaikkan tarifnya.

Berikut ruas tol lainnya yang akan mengalami kenaikan tarif pada tahun ini:

Agustus 2013     : Surabaya-Mojokerto Seksi I,

September 2013 : Serpong-Pondok Aren, Tangerang- Merak, Ujung Pandang Tahap I dan II, Pondok Aren-Ulujami.

November 2013  : Tol Semarang-Solo Seksi I, dan Bogor Ring Road Seksi I
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya