Lima Bandara Tersibuk Saat Lebaran

Grand Desain Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Mudik ke kampung halaman sudah menjadi ritual wajib yang dilakukan umat muslim di Tanah Air saat lebaran.

Angkutan udara diprediksikan menjadi salah satu moda transportasi dengan peningkatan paling pesat pada tahun ini. Lalu bandara mana saja yang paling sibuk melayani pemudik tahun ini?

Menteri Perhubungan, Evert Erenst Mangindaan mengungkapkan, kelima bandara tersebut adalah Soekarno-Hatta (Cengkareng), Bandara Juanda (Surabaya), Bandara Polonia (Medan), Bandara
Sultan Hasanuddin (Makassar), dan Bandara Ngurah Ray (Bali).

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Kelimanya merupakan bandara yang akan paling banyak menerima arus penumpang mudik ataupun balik saat lebaran nanti.

"Kementerian memperkirakan jumlah penumpang pesawat pada masa mudik Lebaran tahun ini naik 11,7 persen dari 3,36 juta menjadi 3,75 juta penumpang," kata Mangindaan di kantornya, Jakarta, Rabu 26 Juni 2013.

Diperkirakan jumlah penumpang angkutan lebaran tahun ini sebanyak 18,09 juta. Angka ini naik 4,46 persen dari 17,32 juta penumpang pada 2012. Untuk jumlah penumpang angkutan sungai dan penyeberangan pada 2012 tercatat ada 3,27 juta penumpang. Jumlah ini diperkirakan juga mengalami kenaikan sekitar 1,76 persen menjadi 3,33 juta penumpang.

Untuk moda kereta api, pemerintah memprediksi jumlah penumpang meningkat 0,62 persen menjadi 3,12 juta penumpang dari 3,10 juta penumpang. Untuk angkutan laut, jumlah penumpang diperkirakan juga akan mengalami kenaikan sekitar 5 persen, dari 1,58 juta penumpang jadi 1,66 juta penumpang.

"Kementerian juga memprediksi penggunaan mobil pribadi naik 6,17 persen dari 1,65 juta unit menjadi 1,75 juta unit. Penggunaan motor untuk mudik juga diperkirakan meningkat 8,15 persen, dari 2,79 juta unir menjadi 3,02 juta unit," katanya. (sj)

VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024