Antisipasi Ledakan Pemudik, Tiga Jalur Dioptimalkan

Posko Mudik Kementerian Perhubungan
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVAnews
Menko Hadi Rapat Bareng Kabareskrim hingga Menkominfo, Cegah Info Hoaks Pasca Pemilu
- Untuk menyambut arus mudik tahun ini pemerintah akan mengoptimalkan beberapa jalur yang akan dipakai. Jalur ini pada tahun lalu tak terpakai maksimal, bahkan ada yang belum terpakai sama sekali.
GRT Anak Anggota DPR RI Jalani Sidang Perdana Kasus Pembunuhan di PN Surabaya

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto mengungkapkan, diperkirakan ada tiga jalur yang akan dioptimalisasi.
Ikuti Sunah Nabi dengan Berhemat Air Wudhu


"Pertama Simpang Gentong yang tahun kemarin kami buat tapi belum optimal, tahun ini akan lebih baik," kata dia dalam acara jumpa pers persiapan mudik Lebaran 2013 di Kementerian Perhubungan, Rabu 26 Juni 2013.


Selain itu, jalan tol Semarang-Solo di mana tahun lalu hanya bisa dioperasikan hingga Ungaran, kini sudah bisa digunakan sampai Bawen.


"Ini dapat mengurangi kepadatan dari Murang Semarang hingga Bawen. Meski dari Bawen ke Solo akan padat lagi, mengingat arus mudik akan meningkat pesat," jelasnya.


Djoko menambahkan, untuk jalan lingkar tengah Ambarawa juga sudah siap dipergunakan dan bisa dioptimalisasikan untuk arus mudik tahun ini.


"Kemacetan dalam arus mudik adalah hal yang pasti. Pasalnya selama ini jalan dibangun dengan kapasitas kendaraan normal. Yang penting nanti kita lakukan rekayasa karena pengguna jalan akan sangat banyak," katanya. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya