PVMBG: Gempa Susulan Bisa Terjadi Kapan Saja

Gempa Aceh, Selasa 2 Juli 2013
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syahrol Riza

VIVAnews - Gempa bumi 6,2 Skala Richter mengguncang Aceh Tengah akibat pergeseran sesar Sumatera atau patahan semangko yang diperkirakan terpanjang di dunia.

554 Kloter Jemaah Haji Siap Berangkat! Dimulai 12 Mei 2024!

Menurut Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi, Surono, gempa susulan di atas sesar Sumatera bisa terjadi kapan saja. karena pergerakan sesar. "Kewaspadaan harus ada, tidak tahu kapan terjadi tapi harus tahu risiko dan mengantisipasi ancaman gempa itu," katanya.

Dijelaskan Surono, masyarakat yang tinggal di atas sesar harus sadar diri bahwa daerah mereka rawan gempa bumi. Kesiapan dan kewaspadaan menjadi kunci terpenting karena gempa tidak mungkin bisa dihentikan.

Sementara itu, yang bisa dilakukan pemerintah adalah mengurangi risiko bencana sebelum bencana terjadi. Gempa yang terjadi di Aceh merupakan gempa darat yang dapat menimbulkan kerusakan yang besar.

"Tapi secara jujur kita harus berani mengakui kalau kita berada di daerah gempa. Dan jangan marah kalau diberi tahu kalau daerahnya rawan gempa," katanya.

Gempa dengan kekuatan 6,2 Skala Richter yang berada dalam kedalam 10 kilometer dan berpusat di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, merupakan gempa tektonik akibat pergeseran sesar Sumatera atau patahan semangko atau sesar besar Sumatera.

Gempa darat biasanya akan masuk langsung ke pemukiman penduduk. Sesar Sumatera yang berada mulai dari utara Aceh hingga Selat Sunda merupakan wilayah agraris yang banyak ditinggali masyarakat karena kaya akan sumber daya alam.

"Meski gempa darat itu tidak besar, tapi dia akan sangat mematikan karena banyak ditinggali penduduk. Sesar-sesar di Indonesia seluruhnya masuk pemukiman penduduk," katanya.

Hingga Kamis malam, 4 Juli 2013, korban gempa bumi yang melanda Aceh Tengah dan Bener Meriah sudah 45 orang. Ratusan warga luka-luka dan 15 orang lainnya masih dalam pencarian.

Polisi Ungkap Motif Pelaku Pembunuhan Kakek di Garut
Parkir liar di pasar Tanah Abang.

Penghasilan Tukang Parkir Minimarket Bisa Capai 2 Digit, Lapor ke Sini Jika Masih Diminta Bayar

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menertibkan juru parkir liar yang beroperasi di minimarket pekan depan dan akan memberikan tindak pidana ringan jika masih beroperasi.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024