PLN Sanggup Suplai Genset di Lapas Tanjung Gusta

Lapas Klas I Tanjung Gusta, Sumut, terbakar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan bahwa pemadaman listrik di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, juga diakibatkan kerusakan yang terjadi pada genset yang dimiliki lapas tersebut.
Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manager Bidang Distribusi PLN Wilayah Sumut, Ahmad Hidayat Pane, saat dihubungi VIVAnews, Jumat 12 Juli 2013, mengatakan bahwa saat terjadi kerusuhan di lapas itu memang listrik sedang padam, karena adanya gangguan pada kabel trafo. Namun, sebelumnya kerusakan itu sudah dapat diperbaiki. 
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

"Jadi, listrik padam sejak Kamis pagi pukul 10.00 WIB, tetapi pukul 17.00 WIB, sudah hidup lagi. Namun, 20 menit kemudian ada gangguan lagi, hingga terjadinya kerusuhan," ujarnya.
Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Dia mengatakan, sebetulnya, bila pihak lapas siap dengan genset yang ada, pemadaman listrik di lembaga pemasyarakatan itu bisa teratasi. Namun, genset yang ada ternyata dalam kondisi rusak.

"Genset yang ada tidak bisa difungsikan. Jadi, usai kami perbaiki dan padam kembali, tidak ada back up dari genset," kata dia.

Untuk itu, dia membantah anggapan bahwa penyebab rusuh di lapas tersebut akibat adanya pemadaman listrik PLN. Lengkapnya, buka .

Sementara itu, Bambang Dwiyanto, Manager Senior Komunikasi Korporat PLN menambahkan, semestinya pihak Lapas Tanjung Gusta segera menghubungi PLN untuk pengadaan genset.

"Kami dengan pihak lapas itu sering komunikasi. Kenapa, tidak menginformasikan kalau genset yang ada itu rusak," ujarnya kepada VIVAnews.

PLN, dia menambahkan, akan menyuplai genset jika pihak lapas memberikan informasi. Sebab, genset diperlukan sebagai cadangan bila terjadi pemadaman listrik ketika terjadi gangguan.

"Kalau memang terjadi pemadaman, kami minta maaf. Tapi, hal itu juga karena sesuatu hal yang tidak kami inginkan bersama," tegas Bambang. 

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji, kepada VIVAnews menyatakan bahwa adanya tudingan pemadaman listrik PLN menjadi penyebab rusuh di lapas Tanjung Gusta, semuanya diserahkan kepada PLN Medan untuk menjawabnya.

"Silakan dapatkan penjelasan lengkapnya dari PLN Medan," tuturnya. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya