Gita Wirjawan: Bulog Siap Impor Daging dari Australia

Menteri Perdangan dan Menteri Pertanian Bahas Harga Daging Sapi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
- Kementerian Perdagangan RI mengatakan, Perum Bulog RI, sudah membuat lemari pedingin ( cold storage
Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
). Dengan adanya cold storage
Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
itu, Bulog bisa mendatangkan daging sebanyak ratusan ton dari Australia dan New Zealand.

"Akhirnya, izinnya sudah keluar," ujar Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan, usai acara Penutupan Festival Jakarta Great Sale, di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Minggu 14 Juli 2013.


Gita mengatakan, lemari pendingin inilah yang menjadi syarat utama untuk mengimpor daging beku. Dengan adanya mesin pendingin ini, maka menjadi tanda kalau Departemen Pertanian telah memberikan izin untuk mengimpor daging.


Sementara itu Gita menyebutkan sejumlah perusahaan penggemukan (feedlotter) lokal juga sudah siap memotong sepertiga dari 109 ribu ekor sapi. "sudah mulai potong lebih dari 30 persen dari 109 ribu ekor sapi," katanya.


Ia juga menambahkan, Bulog sudah menetapkan sebagian dari 3.000 ton daging dialokasikan, yaitu 500 ton pertama tiba hari Rabu


Harga daging masih bertengger di atas Rp90 ribu per kilogram, bahkan di beberapa tempat daging ini mencapai Rp100 ribuan per kilogram. Pemerintah memperkirakan, harga ini bisa stabil kalau ratusan ekor sapi siap potong dan daging impor Bulog bisa masuk ke pasar untuk mengintervensi harga menjelang Lebaran.


"Kalau 109 ribu ekor sapi dipotong menjelang hari-H ditambah pemberdayaan daging Bulog sebesar 3 ribu ton, Insya Allah harga daging akan stabil," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya