DPR Usul Pemerintah Beri Wewenang Bulog Stabilkan Harga

Ketua DPR Marzuki Alie
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVAnews - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Marzuki Alie, Senin 15 Juli 2013, mengusulkan agar Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) diberikan kewenangan yang cukup untuk mengintervensi pasar.
Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"Beri kepercayaan pada Bulog untuk stabilkan harga itu. Sebab, dalam hukum pasar bebas, barang kurang, harga naik," kata Marzuki di Gedung DPR.
Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Sebab, Marzuki menambahkan bahwa saat ini, Indonesia menganut pasar bebas, sehingga jika ingin melindungi rakyat, harus ada instrumen yang bisa melindungi, yaitu Bulog.
Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

"Pemerintah harus ambil kebijakan, bagaimana situasi yang dirasakan rakyat tidak berkelanjutan. Bulog itu harusnya tidak hanya beras dan kedelai, tetapi yang menyangkut kebutuhan pokok rakyat seperti daging. Baru, nanti rakyat terlindungi," ujar dia.

Saat ini, harga daging sapi terus melonjak. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sampai menegur dua menterinya, yaitu Menteri Pertanian Suswono dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan karena saling melempar tanggung jawab dan kesalahan dalam kenaikan harga daging sapi.

Menurut Marzuki, sikap Presiden itu sangat wajar. Sebab, tugas pemerintah itu memang menstabilkan harga. "Kewajiban Presiden memang menegur menterinya," ujar dia.

Presiden sendiri, kata dia, sangat marah dan kecewa karena kebijakan harga daging sudah lama dibahas, tapi belum menghasilkan perbaikan. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya