8 Megaproyek Infrastruktur Transportasi Dunia

Terusan Panama.
Sumber :
  • panamacanaltrips
VIVAnews -
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi
Infrastruktur merupakan salah satu faktor penentu pertumbuhan ekonomi suatu negara. Semakin bagus infrastruktur, maka menjadi daya tarik tersendiri bagi investor untuk menanamkan investasinya.
Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya

Negara-negara berkembang berlomba-lomba untuk membangun berbagai proyek infrastruktur, khususnya sektor transportasi. Hal ini untuk mengurangi biaya transportasi yang selama ini menjadi faktor penting dalam penentu harga dan kecepatan pengiriman suatu barang.
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam


Dikutip dari CNN , Senin 22 Juli 2013, berikut delapan proyek infrastruktur sektor transportasi terbesar dan spektakuler di seluruh dunia:

1. Terusan Penama


Salah satu keajaiban konstruksi dunia, terusan Panama yang saat ini berusia 99 tahun sedang ditingkatkan kapasitasnya untuk memenuhi kebutuhan armada pelayaran dunia. Upgrade terusan Panama telah dilakukan sejak 2006 lalu dan dijadwalkan selesai pada 2014.


Proyek senilai US$5,25 miliar ini akan menambah tiga jalur baru sepanjang 1.400 kaki, selebar 180 kaki dan dengan kedalaman 60 kaki yang menghubungkan lautan Pasifik dan Atlantik. Pembaharuan Terusan Panama ini akan membuat berbagai kapal kontainer raksasa dapat lewat dan membuat berbagai perusahaan pelayaran lebih efisien.


Sementara, di Nikaragua saat ini juga sedang disusun rencana awal untuk membuat kanal baru meniru Terusan Panama dengan kapasitas yang lebih besar dengan investasi senilai US$40 miliar.


2. Proyek Marmaray


Proyek terowongan transportasi terdalam di dunia ini berada di Istanbul dan menjadi gerbang strategis menghubungkan Eropa dan Asia. Proyek Marmaray berada di kedalaman 180 meter dari permukaan tanah, terdiri dari jalur kereta api bawah tanah sepanjang 76 kilometer yang melintasi selat Bosporus sepanjang 1,4 kilometer.


Proyek yang dimulai 2004 ini ditargetkan selesai akhir tahun 2013. Lamanya pembangunan terowongan tabung ini karena banyaknya peninggalan arkeologi yang ditemukan selama penggalian.


3. Bandar Udara Internasional Beijing


Bandara baru China ini memiliki 8 landasan pacu dan mampu menampung hingga 130 juta penumpang setiap tahun. Jika telah beroperasi pada 2017, bandara ini akan menjadi bandara tersibuk dan terbesar di dunia. Pembangunan bandara baru di China untuk mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang, karena perjalanan udara telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir.


4. Jaringan Kereta Etihad

Jaringan kereta Etihad sepanjang 1.200 kilometer yang melintasi gurun Uni Emirat Arab, perbatasan Arab Saudi dan perbatasan Oman. Menghabiskan investasi US$11 miliar, proyek ini akan bergabung dengan jaringan kereta api internasional yang melintasi Bahrain, Kuwait, Arab saudi, Oman dan Qatar.


5. Metro Hyderabad


Pusing dengan kemacetan lalu lintas yang parah, pemerintah kota Hyderabad membangun sistem transportasi yang dapat menampung 1,7 juta warga kota di India bagian Selatan tersebut. Sistem transportasi berupa kereta sepanjang 72 kilometer, dengan satu stasiun per kilometer.


Dijadwalkan selesai pada 2017, pengembang menyatakan sistem ini akan mempersingkat waktu perjalanan, mengurangi kemacetan lalu lintas dan memberikan alternatif transportasi massal ramah lingkungan dibandingkan mobil dan bus.


6. Proyek LAPSSET


Pada 2012 lalu, Presiden Kenya, Ethiopia dan Sudan Selatan bersama-sama meluncurkan proyek ambisius LAPSSET (Lamu Port--South Sudan--Ethiopia Transport Corridor). Proyek ini terdiri dari transportasi kereta api, jalan dan transportasi udara. Selain itu, dibangun juga kilang minyak, pipa dan pelabuhan raksasa. Sejumlah resort juga akan dibangun sepanjang jalan.


Proyek ini menelan dana US$25 miliar. Sementara pemerintah Kenya menyiapkan dana US$23 juta untuk bagian pelabuhan Lamu, salah satu pelabuhan yang terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO.


7. London Crossrail


Proyek senilai US21,1 miliar ini dibangun di bawah jalanan ibukota Inggris hingga pinggiran kota. Proyek sepanjang 73 mil ini menghubungkan Timur dan Barat London, meningkatkan akses bandara Heatrow dengan pusat kota London.


Konstruksi dimulai 2009 dan akan kereta pertama akan meluncur pada 2018. Lebih dari 8 ribu orang terlibat proyek ini di 40 lokasi konstruksi terpisah.


8. Jembatan NITC


Walaupun hanya menghabiskan US$950 juta dan bukan proyek infrastruktur termahal, namun jembatan ini menghubungkan Windsor, Ontario (Kanada) dan Detroit. Jalur ini akan meningkatkan transportasi dan meningkatkan perdagangan antar negara sesuai dengan tujuan pembangunan jembatan dengan nama resmi New International Trade Crossing (NITC).
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya