Pemerintah Harus Paksa Pengusaha Penggemukan Sapi Lepas Stok

Pedagang Daging Sapi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews
Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok
- Harga kebutuhan pokok sehari-hari melambung tinggi, termasuk harga daging sapi. Upaya mengadakan operasi pasar untuk menurunkan harga daging sapi dinilai tidak efektif.
Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

M. Romahurmuziy, selaku Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, ketika dihubungi VIVAnews Selasa 23 Juli 2013, menyatakan ada beberapa hal yang menyebabkan operasi pasar itu tidak efektif.
Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS


Menurut Romi, pedagang tidak terbiasa dengan daging sapi impor. Fasilitas lemari pendingin untuk menyimpan daging sapi beku yang diimpor itu tidak dimiliki sebagian besar pedagang.


"Kebanyakan daging yang diimpor ukurannya terlalu besar. Pedagang kesulitan untuk memasukannya ke dalam
freezer
," ujar Romi.


Para pedagang yang terbiasa menjual daging segar, Romi melanjutkan, akan kesulitan untuk menjual daging impor, karena daging impor relatif lebih banyak mengandung air.


Sedangkan untuk daging impor yang berbentuk daging beku, Romi menilai bahwa daging jenis tersebut tidak cocok untuk dijual di pasar 'becek'.


Untuk lebih menekan harga daging sapi, menurut Romi, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan melakukan intervensi kepada para pengusaha penggemukan sapi.


"Memaksa pengusaha penggemukan sapi
 
untuk melepas stok mereka yang berjumlah 109 ribu ekor itu," kata Romi.


Harga daging masih bertengger di atas Rp 90 ribu per kilogram, bahkan di beberapa tempat, daging ini mencapai Rp 100 ribuan per kilogram. Pemerintah memperkirakan, harga ini bisa stabil kalau ratusan ekor sapi siap potong dan daging impor Bulog bisa masuk ke pasar untuk mengintervensi harga menjelang Lebaran.


Demi menjaga kestabilan harga, pemerintah memerintahkan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk melakukan operasi pasar. Salah satu komoditas pangan yang akan diawasi adalah daging. Dengan adanya operasi pasar, diharapkan harga daging akan turun. (sj)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya