Royal Baby Pengaruhi Harga Sewa Properti di London?

Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Bayinya
Sumber :
  • REUTERS/Stefan Wermuth

VIVAnews - Istana Kensington akhirnya mengumumkan nama anak pasangan Pangeran William dan Kate Middleton. Bayi yang lahir Senin 22 Juli 2013 waktu setempat itu diberi nama George Alexander Louis.

Dilansir dari ABC News, dalam sebuah pernyataan resmi, Istana Kensington, mengatakan, bayi itu bergelar Yang Mulia Prince George of Cambridge. Kelahiran pewaris tahta ketiga Kerajaan Inggris itu disambut gembira dan mendapat simpati dunia.

Pangeran William pun diperkirakan mulai disibukkan untuk mempersiapkan masa depan "Royal Baby" itu. Termasuk mengenai investasi untuk anaknya kelak.

Lembaga riset properti Colliers International, menyatakan, kehadiran "Royal Baby" dapat memberikan sentimen pada perkembangan harga sewa properti komersial, terutama di London, Inggris.

Colliers menjelaskan, saat Pangeran William lahir pada 1982, harga sewa properti komersial di pusat kota London mencapai 32 pound sterling (Rp499 ribu) per kaki persegi. Sementara itu, di wilayah West End berkisar 22 pound sterling (Rp343 ribu) per kaki persegi.

Kini, saat Pangeran George lahir ke dunia, harga sewa properti telah melonjak menjadi 57,5 pound sterling (Rp898 ribu) per kaki persegi di pusat kota. Selanjutnya, di West End, harga sewa mencapai 110 pound sterling (Rp1,71 juta) per kaki persegi.

Secara rata-rata, harga hunian di Inggris pada 1982 senilai 30 ribu pound sterling (Rp468 juta), sedangkan saat ini menjadi 163 ribu pound sterling (Rp2,54 miliar).

Kepala Ekonom Colliers International, Walter Boettcher, mengatakan, selama 31 tahun sejak kelahiran Pangeran William, harga sewa properti komersial di pusat kota London terus meningkat.

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Imbal hasil pada 1982 tercatat 11 persen, namun pada awal tahun ini merosot menjadi 2 persen. Kondisi ini diperkirakan dipengaruhi oleh kekhawatiran investor mengenai perkembangan surat berharga internasional.

Untuk itu, jika Pangeran William ingin mencari investasi properti untuk Pangeran George, dia sebaiknya mempertimbangkan kondisi pasar properti di London dan juga West End. Di wilayah ini, harga sewa properti cenderung menunjukkan kenaikan.

Selain itu, bila Pangeran William ingin melihat lebih jauh, wilayah Victoria atau antara Mayfair dan Marylebone bisa menjadi pertimbangan. Karena, nilai properti di wilayah tersebut juga meningkat pesat.

"Berbagai pertimbangan itu akan menjadi pilihan investasi yang memungkinkan demi masa depan pewaris tahta kerajaan," ujar Boettcher.

Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024