Dahlan Cek Kesiapan Fasilitas Bandara Kuala Namu

Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
VIVAnews - Hari pertama pengoperasian Kuala Namu International Airport (KNIA), Kamis 25 Juli 2013, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, didampingi Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Eri Nuradi, mengelilingi bandara yang terletak di Kabupaten Deli Serdang tersebut.
Tayang Perdana Hari Ini 28 Maret 2024, Film "Keluar Main 1994" Siap Hibur Penonton

Mereka mengecek satu per satu fasilitas dan kesiapan sistem bandara selama sejam lebih. Ruang tunggu, landasan pacu, tempat check in, dan persiapan masing-masing maskapai penerbangan untuk melayani penumpang di KNIA turut menjadi sasaran.
Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

"Kami mau pastikan semuanya siap tanpa ada kendala. Semua sistem harus siap memberikan pelayanan terbaik," ujar Dahlan.
Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Selain itu, Dahlan Iskan menyoroti kebersihan KNIA. Sebab, pada hari pertama beroperasinya bandara yang diharapkan bisa menjadi terbesar di Asia Tenggara itu masih berantakan. Banyak pekerja masih hilir-mudik menyelesaikan beberapa pekerjaan.

Tak heran, kondisi itu membuat KNIA terlihat masih kotor dan berdebu. Sampah sisa acara peresmian KNIA dan material-material bangunan masih berserakan di mana-mana. 

Melihat itu, Dahlan Iskan, diikuti oleh pejabat PT Angkasa Pura II langsung memunguti dan membuang sampah-sampah itu ke tong sampah. "Tolong dijaga bersama kebersihannya. Tong sampah sudah disediakan untuk membuang sampah. Ini bandara internasional yang 'tergagah' di Asia Tenggara, jadi harus gagah sesuai statusnya juga," ujarnya.

Sebelumnya, Dirut Angkasa Pura II, Tri Sunoko, selaku pengelola KNIA mengatakan, meski semua pendukung bandara sudah siap, tapi ada beberapa item pekerjaan yang masih dalam tahap penyelesaian. Itu sebabnya, pelayanan masih dinyatakan kurang layak bagi bandara sekelas KNIA.

"Memang belum maksimal pelayanan yang kami berikan, karena masih ada beberapa pekerjaan belum selesai. Pelan-pelan, akhir tahun nanti semuanya beres dan kami bisa berikan pelayanan terbaik," ujar Tri. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya