Laba Facebook Meroket, Kekayaan Zuckerberg Melonjak Rp37 Triliun

Mark Zuckerberg selalu memakai kasu favoritnya
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel
- Kinerja Facebook, meroket melebihi ekspektasi analis. Pada kuartal kedua 2013, raksasa media sosial itu mencatat pendapatan US$1,81 miliar, dengan laba bersih per saham mencapai US$19 sen.
Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya

Seperti dikutip dari
Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah
Forbes , Jumat 26 Juli 2013, perolehan kinerja itu melebihi prediksi analis yang memproyeksikan pendapatan US$1,62 miliar dengan laba bersih per saham US$14 sen.


Lonjakan kinerja Facebook itu langsung mendongkrak harga saham perseroan sebesar 15 persen setelah jam perdagangan bursa di AS pada Rabu. Harga saham Facebook itu selanjutnya terus melesat pada awal perdagangan Kamis waktu setempat  


Saham Facebook akhirnya ditutup menguat pada level tertinggi selama satu tahun terakhir di posisi US$34,36. Lonjakan harga saham Facebook sekitar 29,6 persen itu sontak melambungkan kekayaan bersih pendiri Facebook, Mark Zuckerberg hingga hampir US$3,7 miliar atau sekitar Rp37 triliun hanya pada satu hari.


Forbes
memperkirakan, pada Kamis, kekayaan Zuckerberg bernilai sekitar US$16,1 miliar. Pada Maret 2013, pundi-pundi harta Zuckerberg masih tercatat sebesar US$13,3 miliar dalam daftar miliarder dunia.


"Kami memiliki banyak kemajuan dalam tiga bulan terakhir, setelah sukses merilis produk baru. Langkah ini menghasilkan hasil keuangan yang kuat," kata Zuckerberg.


Pertumbuhan kinerja Facebook itu disebut-sebut sebagai momentum kembalinya Zuckerberg, setelah gejolak yang terjadi pada perusahaannya saat tahun pertama tercatat sebagai perusahaan publik. Setelah memulai debutnya di bursa Nasdaq pada Mei 2012, saham Facebook turun di bawah harga penawaran US$38.


Harga saham Facebook bahkan sempat menyentuh level terendah US$17,73 pada September 2012. Dan, pada Kamis, untuk pertama kalinya sejak Januari, saham Facebook ditutup di atas US$30.


Sebagai pemegang saham Facebook terbesar, dengan kepemilikan lebih dari 425 juta saham, keuntungan dari kenaikan harga saham merupakan penopang utama kekayaannya. Keberuntungan Zuckerberg sempat memuncak pada Maret 2012, ketika
Forbes
dalam daftar orang terkaya dunia memperkirakan kekayaan Zuckerberg mencapai US$17,5 miliar.


Tidak hanya Zuckerberg, mitra pendiri Facebook, Dustin Moskovitz, juga ketiban untung dari kenaikan harga saham perusahaan pada Kamis. Miliarder termuda di dunia itu meraup tambahan kekayaan bersih hampir US$1 miliar menjadi sekitar US$4,5 miliar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya