SKK Migas: Penjarahan Minyak di Jalur Tempino-Plaju Naik Drastis

Beasiswa Pertamina
Sumber :

VIVA - Direktur Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Minyak dan Gas (SKK Migas) Sumatera Selatan, Setia Budi, Selasa 30 Juli, menyatakan bahwa langkah PT Pertamina tidak mengoperasikan pompa minyak jalur Tempino-Plaju memang tepat. Mengingat, kasus pencurian minyak di jalur Plaju sudah sangat memprihatinkan.

Pertamina telah menetapkan status darurat untuk ruas pipa minyak baru di jalur Tempino-Plaju, Sumatera Selatan, setelah menjadi objek penjarahan melalui illegal tapping yang massif dan terorganisasi.

Budi menjelaskan, ada 114 titik lokasi illegal tapping di pipa sepanjang 265 kilometer jalur Tempino-Plaju. "Dari data kami, dalam kurun Juli ini saja ada sekitar 39.600 barel minyak hilang akibat ulah illegal tapping itu," ujarnya, saat dihubungi VIVA.

Aktivitas penjarahan melalui illegal tapping ini, menurut Budi, kian marak di tahun ini. Berdasarkan catatannya, kasus pencurian yang tercatat sepanjang 2012 ada 810 kali. Sedangkan catatan sejak 1 Januari hingga 25 Juli 2013, kasus pencurian sudah terjadi 589 kali. "Pencurian ini kecenderungannya terus meningkat," kata dia.

Para pelaku, Budi melanjutkan, dalam melakukan penjarahan ini berpindah-pindah lokasi. "Biasanya dilakukan di malam hari, tetapi puncaknya pencurian minyak di Juli itu tanggal 22 Juli kemarin, losses hingga 5.000 barel atau 40 persen dari kiriman per hari," jelasnya.

Dalam kesempatan terpisah terpisah, Manajer Hubungan Eksternal PT Pertamina II Wailayah Sumatera bagian Selatan, Alicia Irzanova, mengatakan bahwa dengan diberhentikannya pasokan minyak dari Tempino ke Plaju, otomatis pengiriman minyak 12 ribu barel per hari untuk diproduksi di kilang Pertamina Refinery Unit III Plaju akan terhenti. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini bisa menyebabkan pasokan minyak berkurang.

"Saat ini, dampaknya belum terlihat pengaruhnya. Namun, jika ini terus terjadi penghentian pasti  pengaruhnya akan besar" kata Alicia.

Sebelumnya, Pertamina menyatakan kehilangan minyak di jalur ini telah mencapai sekitar 17.500 barel atau setara dengan Rp17,5 miliar. Jika kehilangan dihitung dari 1 Januari hingga 23 Juli 2013, nilai kerugian telah mencapai sekitar Rp280 miliar. Selengkapnya baca . (asp)

Pertamina Bentuk Satgas, Pastikan Kebutuhan Energi saat Idul Fitri Aman di Aceh
Pertamina dan Bakrie Group bersepakat untuk mengembangkan Infrastruktur Shared Hub di IKN yang merupakan bagian dari Nusantara Knowledge Hub di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bakrie Group and Pertamina Develop Research Infrastructure at IKN

The Bakrie Group and Pertamina have agreed to develop a Shared Hub Infrastructure in the new capital, IKN Nusantara by signed a Memorandum of Understanding (MoU).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024