Tips Aman Menutup Fasilitas Kartu Kredit di Bank

Transaksi dengan kartu kredit.
Sumber :
  • REUTERS
VIVAnews
Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia
- Masalah penutupan fasilitas kartu kredit ternyata bukan persoalan sepele. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan nasabah dalam menutup layanan perbankan itu.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Upaya itu untuk mencegah kemungkinan munculnya tagihan di kemudian hari, karena masih ada transaksi kartu kredit yang belum tercatat. (Baca: ).
MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya


General Manager
Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), Steve Martha, kepada
VIVAnews
di Jakarta, Selasa 30 Juli 2013, mengungkapkan, dalam menutup fasilitas kartu kredit, nasabah harus datang ke bank dan memastikan tidak ada tagihan dalam kartu kredit.


"Sekarang, mungkin ada nasabah yang bingung, kartu sudah ditutup, kok masih ada transaksi," kata Steve.


Menurut Steve, kondisi itu bisa terjadi karena adanya jenis transaksi yang belum tercatat pada saat penutupan kartu kredit. Ia mencontohkan, ketika seorang nasabah melakukan transaksi pada siang hari, kemudian sore harinya melakukan penutupan rekening, secara otomatis data transaksi tersebut belum tercatat.


"Biasanya, transaksi itu disebut transaksi gantung, sehari belum tentu masuk. Kadang dua atau tiga hari. Makanya, ketika kartu sudah ditutup, kadang masih ada transaksi, nasabah juga kadang tidak tahu," ujarnya.


Untuk menghindari kejadian tersebut, Steve pun menyarankan agar nasabah kartu kredit lebih peduli terhadap jenis transaksinya. Kalau perlu, dilakukan pencatatan tiap kali bertransaksi. "Catat saja, jenis transaksinya dan kapan berlangsung, biar lebih jelas," ujarnya.


Selain itu, ia mengimbau agar nasabah yang berniat menutup fasilitas kartu kredit untuk memastikan tidak bertransaksi pada tanggal kartu ditutup. "Misalnya, Anda mau tutup kartu sore, paginya jangan dipakai transaksi. Sebab itu, akan jadi tagihan di bulan berikutnya," tutur Steve.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya