Raksasa Tambang Prancis Investasi US$5,5 Miliar di Halmahera

Kegiatan di dalam smelter. (Ilustrasi)
Sumber :
  • Guardian
VIVAnews -
BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing
Perusahaan pertambangan Prancis, Eramet, melalui anak perusahaanya Weda Bay Nickel akan segera melakukan investasi di Indonesia dengan membangun smelter bernilai miliaran dolar AS.

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik, di kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 2 Agustus 2013. Menurut Wacik, investasi pabrik pemurnian nikel dan pengolahan (smelter) akan dilakukan di Halmahera. "Total investasi membangun smelter mencapai US$ 5,5 miliar," katanya.
Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten


Wacik mengungkapkan, nilai investasi Eramet sangat besar dampaknya bagi Indonesia timur. Potensi kerjasama dengan perusahaan Prancis ini bisa memajukan perekonomian dalam negeri. Terutama membuka lapangan kerja baru di Indonesia bagian timur.


Senada dengan Wacik, Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius menjelaskan proyek ini bisa menyerap lebih dari 3.500 pekerja dan secara siginifikan Eramet memberikan kontribusi bagi tumbuhnya lapangan pekerjaan masyarakat lokal selama perusahaan beroperasi.


"Nantinya 70 persen tenaga kerja akan berasal dari Halmahera dan wilayah timur Indonesia," katanya.


Laurent memaparkan, investasi tahap pertama akan berkisar US$3,5 miliar. Investasi ini untuk pembangunan smelter dengan kapasitas 3.500 ton Ni-ligam per tahun yang akan menerapkan teknologi hidrometalurgi pada pembangunan smelter. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya