Jelang Lebaran, Tingkat Hunian Hotel di Yogya Baru 70%

Hotel dOmah Yogya (BODY TEXT)
Sumber :
  • facebook.com/dOmahYogyakarta
VIVAnews - Meski Lebaran tinggal menghitung hari, namun tingkat okupansi hotel berbintang di wilayah Yogyakarta masih sekitar 70 persen. Diperkirakan tingkat hunian hotel akan mencapai 100 persen pada saat atau usai Lebaran.
Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

"Kalau saat ini, tingkat hunian hotel masih dalam kisaran 70 persen," kata Sekretaris Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia, Deddy Pranowo Eryono, saat ditemui VIVanews, Sabtu.
Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Menurut Deddy, pada hari pertama dan kedua Lebaran masih banyak digunakan oleh para pemudik untuk melaksanakan silaturahmi kepada sanak suadara, sedangkan pada hari ketiga hingga menjelang libur Lebaran berakhir akan diisi dengan wisata.
Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

"Pada saat itu, tingkat hunian hotel bintang maupun non bintang bisa mencapai 100 persen," ujarnya.

Seperti tahun sebelumnya, kata dia, hotel berbintang maupun non bintang yang pasti mencapai 100 persen tingkat huniannya adalah hotel yang berada di kawasan ring satu atau sekitar Maliboro dan wisatawan akan mencari hotel di ring dua jika hotel di kawasan ring satu telah penuh.

"Harapan kita, kue lebaran ini dapat dinikmati semua hotel, baik di ring satu atau ring dua," tuturnya.

Sementara itu, Agus Santosa, pegawai Losmen Family yang berada di Jalan Dagen No 14 Yogyakarta, mengatakan bahwa saat ini, tingkat hunian hotelnya masih dalam kisaran 60 persen hingga 70 persen. Namun demikian, saat Lebaran sudah tak bisa menerima tamu lagi.

"Booking kamar dari saat ini untuk hari H dan usai Lebaran sudah masuk jauh-jauh hari, sehingga kita tak berani menerima tamu lagi," jelasnya.  (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya