Menteri ESDM Pastikan Harga Elpiji 12 Kg Tidak Naik

Elpiji 12 Kg
Sumber :
  • Antara
VIVAnews -
2 Debt Collector yang Hendak Ambil Paksa Mobil Polisi di Palembang Jadi Tersangka
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, menegaskan harga gas elpiji 12 kilogram dipastikan tidak akan naik tahun ini. Menaikkan harga elpiji saat ini, katanya, kurang tepat.

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Hal itu disampaikan Jero Wacik kepada wartawan usai menghadiri acara open house di Istana Negara, Kamis 8 Agustus 2013.  "Belum, belum ada rencana menaikan harga. Nantilah itu. Kan baru saja ada kenaikan harga BBM. Beban masyarakat masih ada," ujar Wacik kepada wartawan di Jakarta. 
Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru


Menurut Wacik, pemerintah berusaha untuk menjaga hati rakyat sehingga belum berencana untuk menaikkan harga elpiji di tahun 2013.  "Jangan ditimpakan terus-terusan lah," katanya. 


Saat didesak media apakah kenaikan gas elpiji dilakukan tahun 2014, Wacik mengatakan akan menghitung dulu semua biaya sebelum menentukan naik tidaknya elpiji. Menurutnya, ada berbagai perhitungan sebelum pemerintah setuju menaikkan harga elpiji tabung biru tersebut.


Isu kenaikan gas elpiji tabung ukuran 12 kilogram mulai bergulir sejak tahun lalu oleh Pertamina. Namun, pemerintah melalui Kementerian ESDM menolak ide tersebut.


Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, beberapa waktu lalu menyatakan rencana menaikkan harga elpiji 12 kg untuk mengurangi beban kerugian. Karen menjelaskan kondisi di kawasan Timur Tengah yang masih terus dibelit konflik turut menyebabkan harga gas naik.


Apabila Pertamina tidak segera menaikkan harga jual gas Elpiji produknya, kerugian yang akan ditanggung menjadi Rp28 triliun mulai dari tahun 2009 hingga tahun ini. "Kami sudah merugi hampir Rp18 triliun dan itu mengurangi
capital expenditure
(belanja modal) Pertamina," ujar Karen di Jakarta.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya