Penjualan Anjlok, BlackBerry Berencana Jual Perusahaan

Peluncuran Blackberry Z10
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Pionir layanan e-mail dalam ponsel, BlackBerry Ltd, sedang mencari berbagai cara untuk menyelamatkan perusahaan dan meningkatkan penjualan, salah satunya adalah dengan menjual perusahaan.
Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Dilansir
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui
BBC , Selasa 13 Agustus 2013, BlackBerry telah membentuk komite untuk mengkaji berbagai opsi penyelamatan perusahaan, setelah penjualan terus tergerus oleh kompetitor lainnya seperti pengguna Apple dan Android. Peluncuran ponsel terbaru, Blackberry 10 ternyata tidak mampu mendongkrak penjualan.


"Kami percaya saat ini waktu yang tepat untuk mengeksplorasi berbagai strategi alternatif," kata Komisaris BlackBerry Ltd, Timothy Dattels. Berbagai opsi penjualan perusahaan tersebut antara lain membentuk perusahaan patungan, mencari mitra baru dan lain-lain.


Dilansir
CNN
, para analis memprediksi BlackBerry akan kesulitan mencari investor baru, namun BlackBerry dapat menjual berbagai portofolio yang telah dipatenkan seperti lisensi software kepada para rivalnya seperti Apple dan Microsoft.


Dalam kesempatan tersebut, Presiden Komisaris BlackBerry, Prem Watsa, yang juga mewakili pemegang saham BlackBerry terbesar, Fairfax Financial, mengundurkan diri dari dewan komisaris untuk menghindari potensi konflik kepentingan.


"Saya akan menjadi pendukung yang kuat bagi perusahaan. Dewan komisaris dan manajemen akan dapat melalui proses ini dan Fairfax Financial tidak berkeinginan untuk menjual saham BlackBerry," katanya.


Peluncuran model BlackBerry 10 dan
rebranding
dengan mengubah nama perusahaan dari Research in Motion (RIM) menjadi BlackBerry Ltd tidak mampu menyelamatkan perusahaan. Pada kuartal pertama 2013, perusahaan mencetak rugi US$84 juta dan diprediksi akan terus merugi pada kuartal dua yang akan diumumkan akhir Agustus. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya