Tahun Depan Gaji PNS dan TNI/Polri Naik Lagi

Pidato Kenegaraan Presiden SBY di DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng
- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan, pemerintah merencanakan penyesuaian gaji pokok PNS serta anggota TNI dan Polri sebesar 6 persen, dan pensiun pokok sebesar 4 persen. Rencana ini diungkapkan SBY dalam pidato tentang RAPBN 2014 di gedung DPR, Jakarta, Jumat 16 Agustus 2013.
Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

"Penyesuaian gaji pokok PNS serta anggota TNI dan Polri sebesar 6 persen, dan pensiun pokok sebesar 4 persen ini untuk mengantisipasi laju inflasi," kata Presiden.
Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia


SBY mengungkapkan, dalam RAPBN 2014, alokasi anggaran belanja pegawai direncanakan sebesar Rp276,7 triliun. Angka ini meningkat 18,8 persen dari belanja pegawai dalam APBNP 2013.


Selain itu, SBY mengungkapkan, anggaran belanja non kementerian dan lembaga dalam RAPBN 2014 direncanakan sebesar Rp636,4 triliun. Alokasi anggaran ini antara lain untuk belanja subsidi dan pembayaran bunga utang.


Belanja subsidi direncanakan sebesar Rp336,2 triliun, atau turun sekitar 3,4 persen dari anggaran belanja subsidi dalam APBNP 2013. Anggaran sebesar itu, menurut SBY, akan dialokasikan untuk subsidi energi dan non-energi, yang mencakup berbagai subsidi pangan, pupuk, dan benih.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya