BISNIS

Solusi Citigroup Redam Pelemahan Rupiah

Intervensi valas yang dilakukan Bank Indonesia tidak efektif.

ddd
Kamis, 22 Agustus 2013, 12:34
Johanna Chua.
Johanna Chua. (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - Managing Director Head of Asia Pacific and Market Analysis Citigroup, Johanna Chua, menyarankan Bank Indonesia untuk bersikap agresif dengan menaikkan suku bunga 50 basis poin untuk meredam pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Johanna dalam analisis Citi Research bertajuk "What Can Asia's Deficit Countries (Indonesia & India) Do?" menjelaskan, intervensi valas yang dilakukan Bank Indonesia tidak lagi efektif untuk menjangkari rupiah.

Sementara itu, kebijakan pemerintah yang meminta BUMN untuk menambah portofolio sahamnya ataupun pembelian kembali (buyback) tidak dapat menjadi kebijakan fundamental atas solusi pelemahan rupiah yang disebabkan situasi eksternal.

Meskipun pemerintah berusaha untuk mengelola tekanan inflasi inti di kisaran 4,5-5 persen, ekonomi dunia sudah melambat, dan beberapa kebijakan makro prudential diperketat, sehingga sinyal kebijakan menaikkan suku bunga tidak boleh dianggap remeh.

Selain itu, pemerintah Indonesia harus dapat memanfaatkan pendanaan non komersial. Indonesia saat ini mempunyai cadangan dana US$5 miliar dalam fasilitas pinjaman darurat yang terdiri atas US$2 miliar dari Bank Dunia, US$1,5 miliar dari Jepang, US$1 miliar dari Australia, dan US$0,5 miliar dari Asian Development Bank (ADB) yang harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah.

Indonesia sebagai anggota Chiang Mai Initiative (CMI) dapat juga memanfaatkan dana hingga US$22,8 miliar, atau US$6,8 miliar (30 persen) tanpa dukungan Dana Moneter Internasional (IMF).

CMI merupakan perjanjian multilateral currency swap antara ASEAN dan China, Jepang, serta Korea Selatan untuk menarik dana cadangan total US$120 miliar dalam mengatasi krisis likuiditas jangka pendek di kawasan regional. (art)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com