Bikin Seminar "Cara Kaya", Miliuner AS Dituntut US$40 Juta

Donald Trump
Sumber :
  • Gaga Skidmore/Wikimedia

VIVAnews - Jaksa Agung New York menuntut salah satu miliuner dunia, Donald Trump, sebesar US$40 juta. Pengusaha real estate ini diduga menipu dengan mendirikan "Trump University" yang menjanjikan siswanya menjadi pengusaha sukses.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Padahal, upaya itu diduga hanya kedok untuk menyelenggarakan seminar berbiaya mahal, namun tanpa hasil.

Dikutip dari USAToday, Senin 26 Agustus 2013, Jaksa Agung New York, Eric Schneiderman, menyatakan sekitar 5 ribu siswa membayar US$35 ribu utuk bertemu Trump. Namun, apa yang mereka dapatkan hanya berfoto di poster seukuran bintang televisi "The Apprentice" ini.

Gugatan Schneiderman mencakup keluhan para siswa dari 2005-2011. Siswa membayar US$1.495-US$35 ribu per orang untuk belajar "Art of The Deal" "How to Get Rich" dan "Think Like a Billionaire" yang ditulis oleh Donald Trump. Seminar tiga hari tersebut tidak mengajarkan siswa seluk beluk properti.

"Dengan menggunakan nama Donald Trump dan berbagai nama selebriti lainnya, Trump mengambil keuntungan dari para konsumen dengan berbagai program yang sangat mengganggu finansial," kata Schneiderman.

Menanggapi hal tersebut, Donald Trump melalui pengacaranya, Michael D. Cohen, menyatakan tuntutan hukum ini salah sasaran dan sangat politis. Mengingat, Trump berniat untuk maju sebagai calon presiden Amerika Serikat selanjutnya.

Trump menilai, gugatan jaksa New York penuh dengan kebohongan dan hanya untuk memeras sumbangan kampanye dari salah satu orang terkaya Amerika Serikat ini. Cohen menyatakan, Trump dan universitasnya tidak pernah menipu orang.

Hingga saat ini, Trump University telah mendapatkan 11 ribu testimonial dan 98 persen siswa yang ikut program tersebut mendapatkan hasil "excellent".

"Jaksa Agung merasa marah karena Trump dengan berbagai perusahaannya telah mendapatkan uang besar untuk dana kampanye. Investigasi ini sangat bermuatan politis dan sangat membuang-buang uang pajak masyarakat," katanya.

Alasan pemerasan yang dilontarkan kubu Trump masuk akal. Catatan Komisi Pemilihan Umum AS menunjukkan, Trump telah menggelontorkan dana US$136 ribu untuk kampanye di New York sejak 2010. Ia juga menyumbang US$12.500 untuk Schneiderman saat ia mencalonkan diri menjadi Jaksa Agung New York.

"Donald Trump tidak akan diam saja diperas oleh berbagai pihak, termasuk Jaksa Agung," katanya.

Schneiderman menolak tuduhan tersebut. Menurut dia, banyak siswa yang tidak bisa mempraktikkan ilmu properti yang diajarkan para instruktur pilihan Trump. Padahal, para siswa telah meminjam uang untuk mengikuti seminar tersebut.

Untuk itu, Trump akan menghadapi tuntutan tindakan penipuan dan melanggar perlindungan konsumen. Trump dituntut US$40 juta untuk mengganti rugi kepada para siswa.

Departemen Pendidikan AS telah meminta Trump untuk mengganti nama perusahaan "Trump University", karena tidak mempunyai lisensi dan tidak sesuai dengan nama universitas. Pada 2011, Trump mengubahnya menjadi Trump Entrepreneur Institute. (art)

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024