BPR Siap Kembangkan Perbankan Tanpa Kantor

Seorang nasabah melakukan transaksi di bank peserta penjaminan LPS.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) mengaku siap untuk mengembangkan jasa layanan perbankan tanpa kantor cabang (branchless banking) di pelosok wilayah terpencil.
INFOGRAFIK: Jadwal Sistem One Way dan Contra Flow Tol Trans Jawa Mudik-Arus Balik Lebaran 2024

Ketua Perbarindo, Joko Suyanto, Senin 26 Agustus 2013, mengatakan, upaya itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan financial inclusion dan memperluas jangkauan masyarakat terhadap layanan industri keuangan di Tanah Air. 
Menko PMK Murka, Bus Lama Dicat Baru Jelang Libur Lebaran 2024

"Konteksnya, BPR siap untuk mengembangkan branchless banking. Posisi kami ingin menjadi pelaku dari branchless banking," kata Joko saat ditemui di Hotel Novotel, Mangga Dua, Jakarta.
Ragnar Oratmangoen Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Piala Dunia

Joko melihat, saat ini potensi BPR sangat besar untuk mengembangkan branchless banking. Sebab, selama ini, BPR adalah bank yang paling banyak membuka kantor cabang hingga pelosok daerah. 

"Penetrasi BPR akan lebih cepat dan efisien. Prinsipnya, kami siap untuk branchless banking," ujarnya.

Untuk itu, dia melanjutkan, Perbarindo akan bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk sebagai langkah awal penyusunan branchless banking.

"Bulan Oktober nanti, kami akan kerja sama dengan Telkom untuk memudahkan masyarakat bertransaksi menggunakan e-wallet atau dompet elektronik," tegas Joko. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya