Masa Pensiun Sekjen ESDM Dipercepat

Wakil Menteri ESDM dan Kepala SKK Migas
Sumber :
  • Iwan Kurniawan/VIVAnews

VIVAnews - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mempercepat masa pensiun Sekjen ESDM Waryono Karno. Sedianya, Waryono akan pensiun Januari 2014.

Sebetulnya, Waryono sudah pensiun sejak 1 Januari lalu. Namun, saat itu Jero Wacik memperpanjang masa kerja Waryono hingga setahun kemudian. Namun kemudian, nama Waryono tersangkut suap SKK Migas yang menyeret Rudi Rubiandini.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo menjelaskan, Waryono tengah mengambil cuti panjang, saat ini. Itu sebabnya yang bersangkutan tidak pernah terlihat di kantor.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"Masa bakti dia kan sampai 1 November 2013," kata Susilo Siswoutomo di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa 3 September 2013.

Dia enggan menjelaskan apakah percepatan Waryono pensiun itu berhubungan dengan kasus suap Rudi Rubiandini atau tidak.

Nama Waryono tersangkut kasus suap itu setelah KPK menemukan uang US$200 ribu di ruang kerjanya. Informasi yang dikumpulkan VIVAnews, nomor seri uang di kantor Waryono berurutan dengan dolar yang disita KPK dari kediaman Rudi, sebesar US$400 ribu.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan kepada wartawan, temuan uang di ruang kerja Waryono itu 'berkat' petunjuk dari Rudi. "RR (Rudi) menunjukkan ada jejak di kantor Sekjen," kata Bambang.

Kasus ini bermula saat KPK menangkap Rudi di kediamannya, Selasa malam 13 Agustus lalu. Kala itu, Rudi masih menjabat sebagai Kepala SKK Migas.

Dia diduga menerima suap US$400 ribu dari bos Kernel Oil Simon G Tanjaya melalui kurir Deviardi alias Ardi. Ketiganya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan. (eh)

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024