BISNIS

Produk Indonesia Mendominasi di Pameran KTT APEC

UKM masih perlu dikembangkan dengan memperluas pasar luar negeri.

ddd
Kamis, 5 September 2013, 09:54
Produk kerajinan dari usaha kecil di Indonesia
Produk kerajinan dari usaha kecil di Indonesia (VIVAnews/Fernando Randy)
VIVAnews - Menteri Koperasi dan UKM, Syarif Hasan, mengatakan bahwa sebagai tuan rumah pertemuan para menteri UKM negara-negara anggota KTT APEC, Indonesia tentu tidak akan menyia-nyiakan momen penting tersebut. Pemerintah akan memanfaatkan pertemuan itu dengan memamerkan produk yang masuk dalam sub sektor industri kreatif.

"Ini saat yang tepat bagi Indonesia untuk memamerkan atau menunjukkan produk-produk industri kreatif kepada negara-negara anggota APEC. Dan, kita bisa melihat bahwa produk-produk kita diakui oleh negara-negara anggota APEC," kata Syarif saat ditemui di Nusa Dua, Rabu malam, 4 September 2013.

Dalam pameran industri kreatif UKM itu, produk-produk asal Indonesia mendominasi di berbagai stan pameran. Produk-produk yang dipamerkan mulai dari fashion, tenun ikat, produk kerajinan, hingga berbagai produk souvenir dan obat-obatan herbal. Syarif mengaku, daya saing produk kreatif dari sektor UKM juga sudah luar biasa.

"Kita sudah mampu bersaing dengan produk yang sama dari berbagai negara. Kualitasnya juga sudah bersaing ketat. Tinggal, bagaimana carameningkatkan pasarnya saja," kata Syarif. Hampir di semua negara anggota APEC, produk industri kreatif ini mampu memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi.

Di Indonesia, misalnya, pada 2012 struktur perekonomian tetap didominasi sektor industri kreatif sebesar 7 persen. Dan subsektor industri kreatif yang memberikan kontribusi terbesar adalah produk fashion sebanyak 44,3 persen, disusul sub sektor kerajinan 24,8 persen. Potensi tersebut diyakini bisa dikembangkan melalui peningkatan daya saing produk dan akses pasar, khususnya produk kreatif yang dihasilkan melalui koperasi dan UKM.

Dalam pameran tersebut, fasilitas yang disiapkan cukup banyak. Sekitar 200 stan. Indonesia mendominasi pameran tersebut dengan melibatkan 179 UKM. Sisanya, diambil oleh beberapa negara anggota lainnya seperti Korea Selatan, Malaysia, Rusia, Hong Kong, Taiwan, Thailand, dan Singapura.

Pameran dibagi dalam beberapa zona seperti green product, heritage product, serta food and beverage. Pameran ini diprediksi akan menyedot pengunjung sebanyak 30 ribu orang dengan prediksi transaksi ritel dan order sekitar Rp10 miliar tiap hari.


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
koberkobere
05/09/2013
Produk Indonesia Mendominasi di Pameran KTT APEC ... jangan cuma pamerannya yang mendominasi, tetapi juga penjualannya dong...!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com