Bandara Freeport Papua Dikembangkan Jadi Bandara Umum

Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi
VIVAnews
6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi
- PT Freeport Indonesia, Pemda Papua, dan pemerintah pusat sepakat untuk membangun serta mengembangkan Bandar Udara Mozes Kilangin Timika di Kabupaten Mimika, Papua. Kerja sama itu untuk memperluas bandara yang awalnya hanya digunakan untuk PT Freeport ini menjadi bandara umum.

Deretan 5 Brand Perbankan Terkuat di Dunia, BCA Menempati Posisi Pertama

Penandatanganan kerja sama dilakukan di Kementerian Perhubungan, Kamis 5 September 2013. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Herry Bakti, mengungkapkan, penggunaan bandara ini sebagai bandara umum diharapkan bisa membuka isolasi suatu daerah yang tidak dapat dijangkau moda transportasi lainnya.
Lebaran Bareng, Desta dan Natasha Rizky Dapat Pesan Mengharukan dari Anaknya


"Pemerintah pusat, pemda, dan Freeport akan bersama-sama untuk membangun bandara ini," kata Herry.


Namun, Herry belum bisa menjelaskan alokasi dana yang dianggarkan dan persentase yang akan dikeluarkan masing-masing pihak tersebut. Herry beralasan, pembangunan bandara ini masih dalam kajian.


Herry melanjutkan, nantinya akan dibangun dua terminal di bandara yang mulai dibangun pada 1970 itu. Terminal pertama akan digunakan khusus untuk Freeport, sedangkan terminal kedua bagi penumpang umum.


Dia berharap, bandara ini bisa lebih cepat terealisasi. Walaupun, dia tidak bisa menargetkan waktu pengoperasian bandara tersebut.


Gubernur Papua, Lukas Enembe, berharap Bandara Mozes bisa menjadi bandara internasional pertama di Papua. "Kami berterima kasih kepada Freeport, karena bersedia melepas kekhususan bandara milik mereka," ujarnya.


Dia menambahkan, dengan dilepasnya status kekhususan bandara itu, PT Pertamina dapat mulai masuk untuk menyediakan avtur.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya