Mirza Adityaswara Terpilih Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Mirza Adityaswara
Sumber :
  • facebook.com
VIVAnews - Komisi XI DPR RI, Senin 16 September 2013, akhirnya memilih  Mirza Adityawaswara sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI). Mirza mengungguli kandidat lainnya, Anton Hermanto Gunawan.
Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh


Kapan Bumi Kiamat?
Dari 48 anggota dewan yang memilih melalui pemungutan suara, Mirza mendapat dukungan 32 suara. Adapun yang memberikan dukungan kepada Anton hanya 2 suara.
Kondisi Gaza Jauh Lebih Hancur Dibanding Kota di Jerman Pada Perang Dunia II

Sedangkan 9 suara memilih untuk menolak kedua calon, 4 suara memilih abstain, dan 1 suara kosong atau rusak.


Uji kepatutan dan kelayakan calon Deputi Gubernur Senior BI telah dilakukan pada 3 September 2013 lalu. Dalam paparannya saat mengikuti
fit and proper test
di parlemen itu, .


Mirza adalah anak kedua dari ahli hukum bisnis terkemuka Indonesia, Sutan Remy Sjahdeini. Di kalangan keluarganya, ia biasa dipanggil dengan nama Mirza. Namun, di kalangan kawan-kawannya di SMA Pangudi Luhur Jakarta dan FE UI, ia biasa dipanggil dengan nama panggilan ”Jajak”.


Pada tahun 1984 Mirza belajar ekonomi pembangunan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Lalu ia mengikuti jejak ayahnya sebagai bankir dengan bekerja pada Bank Sumitomo di Jakarta dari tahun 1989 sampai tahun 1993. Pada tahun 1993 ia pindah bekerja pada Bank PDFCI sampai tahun 1994.


Ia memperoleh fasilitas cuti di luar tanggungan perusahaan (Bank PDFCI) untuk melanjutkan kuliahnya mengambil program master jurusan Applied Finance pada Macquarie University di Sydney Australia dari tahun 1994 – 1995.


Setelah menyelesaikan studinya di Macquarie University, Mirza bekerja di berbagai perusahaan sekuritas, baik perusahaan asing maupun nasional. Mula-mula ia bekerja padaBZW Niaga Securitiesdari tahun 1995 – 1997 sebagai Banking Analist/Assistant Director, kemudian bekerja pada Deutsche Morgan Grenfell sebagai direktur dari tahun 1997–1998.


Tahun 1998 hingga 2001, Mirza dipercaya sebagai direktur di Indosuez W.I.Carr. Kemudian tahun 2002-2005 menjabat direktur di Credit Suisse Securities.


Kariernya kemudian beranjak ke Bank Mandiri. Pada 2005-2008, Mirza diangkat sebagai Managing Director Mandiri Sekuritas. Tahun 2008 hingga awal 2012, ia menjadi Kepala Ekonomi Bank Mandiri. Kini, Mirza menjabat sebagai Direktur Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggantikan Firdaus Djaelani. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya