PNM Investment Terbitkan Reksa Dana untuk Pembiayaan Mikro

Pemerintah Tetapkan Skema Pajak 1 Persen Bagi UKM
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews
Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah
- PT PNM Investment Management, anak perusahaan PT Permodalan Nasional Madani, kembali meluncurkan Reksa Dana Penyertaan Terbatas PNM Pembiayaan Mikro BUMN 2013, yang seluruh dananya akan diinvestasikan pada usaha mikro dan kecil (UMK).

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Direktur Utama PNM Investment Management, MQ Gunadi, Selasa 17 September 2013, menjelaskan, dana investor yang terkumpul untuk produk ini sebesar Rp125 miliar, berasal dari tujuh investor institusi.
Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari


PNM akan menjadi
intermediary
dalam penerbitan RDPT PNM Pembiayaan Mikro BUMN 2013 ini.


"Di tengah gejolak ekonomi saat ini, PNM Investment Management sebagai perusahaan manajer investasi pertama di Indonesia yang menerbitkan produk reksa dana berbasis UMK, terus berkomitmen untuk memberikan pembiayaan bagi sektor tersebut," ujar Gunadi di Jakarta.


Ia menjelaskan, RDPT PNM Pembiayaan Mikro BUMN 2013 memiliki tenor selama 18 bulan, dan telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 5 September 2013.


Hingga akhir tahun ini, Gunadi menambahkan, perseroan menargetkan bisa meraih total dana kelolaan mencapai Rp2,3 triliun. Namun, untuk saat ini, dana kelolaan yang berhasil diperoleh baru sekitar Rp1,7 triliun.


Direktur Utama PNM, Parman Nataatmadja, dalam kesempatan yang sama menambahkan, RDPT PNM memiliki aset dasar
medium term notes
(MTN) PNM dengan nilai Rp125 miliar. Adapun, tenor RDPT ini selama 18 bulan dengan
return
sekitar 8,3 persen.


Dana hasil penerbitan RDPT ini akan disalurkan untuk pembiayaan usaha mikro kecil menengah dan koperasi melalui unit layanan modal mikro.


"RDPT menjadi salah satu sumber dana PNM untuk menyalurkan pembiayaan bagi UMK, selain penerbitan obligasi yang telah kami lakukan pertengahan tahun ini, dan pinjaman perbankan. Kami mencari sebanyak mungkin sumber dana murah guna memperkuat struktur pendanaan agar tetap kompetitif," kata Parman. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya