Jero Wacik: Perpanjang Kontrak Blok Masela Harus Ada Rambu

Menteri ESDM Jero Wacik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Judhi-Humas ESDM

VIVAnews - CEO Inpex Corporation, Toshiaki Kitamura, melakukan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden RI, Jakarta, Rabu 18 September 2013. Dalam pertemuan, Toshiaki meminta perpanjangan kontrak proyek lapangan Abadi, blok Masela, Maluku.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, mengungkapkan bahwa pemerintah mempertimbangkan permintaan tersebut. "Kami evaluasi," ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta.

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

"Presiden mengarahkan agar dibahas, bagaimana kontraknya biar kepentingan Indonesia aman dan dia (Inpex) pun merasa aman," tambahnya.

Pemerintah dan Inpex sudah terikat perjanjian kontrak selama 30 tahun dari 1998 sampai 2028. "Apakah bisa diperpanjang terus sampai 2048, nanti kita hitung dulu, kita bikin rambu," kata Wacik.

Jika akan diperpanjang, Wacik menegaskan, harus atas dasar kepentingan negara. Artinya, bagian Indonesia dari hasil eksplorasi harus lebih besar. "Tetapi, kami arahkan agar nanti di 2028. Kita tidak tahu situasi nanti kayak apa, yang jelas harus garansi kepentingan Indonesia lebih dominan," ujarnya.

Lapangan gas itu, ia menambahkan, sudah siap untuk kegiatan produksi. Namun, belum bisa dipastikan dapat mulai dilakukan. "Saya belum persis, lihat jadwal kapan mulai produksi," kata Wacik. (asp)

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi
Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Baru-baru ini, beredar video viral menunjukkan peristiwa kecelakaan pengendara motor menabrak mobil BMW Seri 5 yang sedang ingin menyeberang dari sisi kanan jalan ke arah

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024