Mangindaan: Distribusi Mobil Murah Harus Merata

EE Mangindaan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
- Banyak kalangan berpendapat bahwa masalah kemacetan, khususnya di Jakarta, akan kian parah setelah regulasi tentang mobil murah dan ramah lingkungan diterbitkan.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Kekhawatiran tersebut juga dirasakan oleh Menteri Perhubungan, EE Mangindaan. Oleh karena itu, Mangindaan mengharapkan distribusi produk mobil murah bisa merata di seluruh Indonesia.
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya


"Dari kami, tentu akan mengimbau jangan di kota saja distribusinya. Tapi, di daerah yang tidak macet, terutama di luar Jawa," ujar Mangindaan di Kantor Presiden RI, Jakarta, Rabu 18 September 2013.


Kemacetan di ibu kota, menurut Mangindaan, memang merupakan permasalahan yang harus diatasi. Pemerintah berusaha untuk mengalihkan minat warga agar lebih sering menggunakan kendaran umum atau angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi.


"Mari kembangkan pada transportasi massal seperti bus, supaya tidak perorangan. Alihkan ke MRT,
comutter line
. Ini agar kemacetan tidak terlalu menghambat lalu lintas. Kereta api kan makin bagus pelayanannya, tarif makin turun karena disubsidi," kata Mangindaan.


Untuk itu, menurut Mangindaan, peran aktif masyarakat diperlukan agar penyelesaian masalah kemacetan ini berjalan efektif. "Kalau boleh,
mbok ya
kendaraannya Sabtu Minggu saja dipakai, jangan Senin sampai Jumat," kata Mangindaan. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya