Kisah Pria Muda Jadi Miliuner Berkat Rumput Laut

Tob Itthipat
Sumber :
  • facebook.com/TaoKaeNoiIndonesia

VIVAlife - Aktivitas Tob Itthipat muda sama seperti remaja kebanyakan. Hari-hari pria asal Thailand ini banyak dihabiskan dengan bermain game online.

Namun semuanya berubah saat pria bernama lengkap Itthipat Peeradechapan itu merintis bisnis kacang panggang di beberapa toko swalayan. Ketika itu Tob masih duduk di bangku kuliah.

Dalam mengembangkan bisnis kacang panggang ini, Tob tak sendiri. Sang paman selalu berada di sisinya untuk membantu.

Usahanya tak langsung berjalan sukses. Ia sempat mengalami kendala. Oleh pihak mal, Tob dilarang menggunakan mesin pemanggang karena aroma dari kacang panggang menyebar ke seluruh toko dan asapnya mengotori langit-langit.

Tak habis ide, Tob kemudian mencoba menjual buah kering dan juga camilan rumput laut. Ternyata, produk rumput laut terbarunya laris manis dan bahkan melampaui penjualan kacang panggang.

Kini, produk yang dikenal dengan merek Tao Kae Noi itu sukses besar dan telah diekspor ke 30 negara di dunia; menjadikan Tob sebagai miliuner muda.

Baru-baru ini, sang pengusaha muda menyambangi Indonesia untuk berbagi pengalamannya. Ia menuturkan bahwa kesuksesannya tak lepas dari tiga hal.

"Pertama kita harus tahu apa yang kita mau. Coba pikirkan sebelum tidur, besok mau melakukan apa," ujar pria berusia 28 tahun tersebut saat ditemui di Jakarta, Kamis, 19 September 2013.

Faktor yang kedua adalah dukungan dari orang terdekat. Dalam kasus Tob, itu adalah dukungan dari sang paman.

"Ketiga, jangan menyerah," ucapnya.

Tob menuturkan saat ini sudah banyak produk serupa yang dipasarkan oleh perusahaan lain. Namun itu semua tak menghalangi dirinya untuk tetap bekerja keras.

"Kalau punya semangat dan kecintaaan, kita bisa melewati masalah. Semua ini karena keunikan dan karena saya punya kecintaan terhadap produk saya," ujarnya.

Kisah sukses Tob ini diangkat menjadi sebuah film biopic semi-fiksi berjudul The Billionaire. Film tersebut disutradarai oleh Songyos Sugmakanan. (kd)

Pengakuan Pelatih Yordania Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia U-23
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol Komang Teguh

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Menpora Dito Ariotedjo buka suara terkait jebolan PPLP, PPOP, dan SKO Kemenpora mendominasi skuad Timnas Indonesia U-23 saat mengalahkan Australia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024