Kadin Apresiasi Gita Wirjawan Mundur dari Jabatan Menteri

Mendag Gita Wirjawan mengikuti pra-konvensi Demokrat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog, Natsir Mansyur, menyambut baik mundurnya Gita Wirjawan dari jabatan Menteri Perdagangan. Alasannya, menghindari adanya benturan kepentingan terkait keterlibatannya dalam bursa calon capres 2014.

Persebaya Bertekad Bangkit Lawan Persib

Natsir menganggap Kementerian Perdagangan merupakan Kementerian strategis yang harus dipimpin oleh sosok yang bisa fokus, terutama mengurusi masalah perdagangan yang saat ini dialami oleh Indonesia.

“Kementerian Perdagangan itu memiliki peran strategis terhadap perekonomian Indonesia. Jadi, menterinya perlu fokus mengatasi persoalan 2 tahun transaksi perdagangan Indonesia yang defisit,” kata Natsir dalam siaran pers, Jumat 20 September 2013.

Selain itu, Natsir menambahkan, Mendag harus mengatasi masalah impor produk industri dan pangan, menjaga pasar dalam negeri, dan mengurusi antrean free trade agreement yang harus diselesaikan.

Mendag juga harus mencari solusi defisit transaksi perdagangan dengan China, IJEPA, menjaga pasar ekspor produk Indonesia yang sudah jalan, dan membuka pasar baru, hingga mendorong ekspor produk industri dan agrobisnis.

“Masih banyak pekerjaan Kementerian Perdagangan yang perlu lebih fokus ditangani oleh menterinya,” kata dia.

Di sisi lain, dia mengatakan bahwa masih ada waktu di akhir pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk membenahi masalah dan persoalan yang dihadapi. Natsir juga menyebutkan, banyak tokoh yang mempunyai jam terbang tinggi dan juga pengalaman untuk membawa Kemendag lebih maju.

“Saya kira masih banyak stok calon Menteri Perdagangan yang memahami masalah perdagangan. Karena, ini hak prerogratif Presiden, kami serahkan saja kepada beliau,” ujarnya. (art)

Beri Minuman Bekas ke Sus Rini, Perilaku Manner Nagita Slavina Jadi Sorotan
Konsumen menunjukkan emas batangan yang dibelinya di Butik Emas Logam Mulia, Gedung Aneka Tambang, Jakarta.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dibanderol seharga Rp 1.347.000 per gram pada hari ini, Sabtu 20 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024