BISNIS

Panja Tak Ambil Putusan, Outsourcing BUMN Ancam Mogok

"Kami akan memadamkan listrik, dan kereta akan diberhentikan."

ddd
Minggu, 22 September 2013, 15:08
Aksi demo buruh di Bekasi.
Aksi demo buruh di Bekasi. (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
VIVAnews - Para pekerja alih daya (outsourcing) BUMN yang tergabung dalam Gerakan Bersama Buruh/Pekerja di BUMN (Geber BUMN) akan melakukan aksi unjuk rasa besok, Senin 23 September 2013. Mereka menuntut keputusan dalam panitia kerja (panja) mengenai sistem kerja ini.

Apabila pada September ini keputusan itu belum keluar, mereka mengancam akan mogok kerja.

"Kami melakukan aksi atas kinerja panja Kementerian BUMN dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi," kata anggota DPP PPMI, Mas'ud, di Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Jakarta, Minggu 22 September 2013.

Mas'ud mengatakan, mereka akan menuntut penghapusan sistem kerja outsourcing dan ada 500-1.000 orang yang akan turun dalam aksi ini. Apabila pada September, dua kementerian itu tidak kunjung mengeluarkan keputusan, para pekerja mengancam akan berbuat sesuatu pada bulan ini.

"Kami mencoba untuk mengondisikan ketika September ini belum ada putusan, kami akan memadamkan listrik, dan kereta akan kami berhentikan operasionalnya," kata Mas'ud.

Kemudian, dia menambahkan, mereka juga mengancam akan melakukan mogok nasional di perusahaan-perusahaan yang menggunakan sistem outsourcing.

"Jika panja tidak ada putusan, dengan terpaksa kami akan melakukan mogok nasional yang terbesar di Indonesia, yaitu bergabungnya pegawai BUMN dan yang lainnya," kata dia.

Sekadar diketahui, Komisi IX DPR bersama pemerintah, --Kementerian BUMN dan Kemenakertrans--, sepakat untuk membentuk panja outsourcing BUMN. Panja dibentuk untuk menyelesaikan masalah-masalah ketenagakerjaan di berbagai perusahaan BUMN. (art)


© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
tonibrakot
21/10/2013
Kita perlu pemimpin yang mempunyai otak kapitalis tetapi memiliki hati sosialis karena mengembangkan kompetensi ini-itu tdk cukup membuat orang termotivasi
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com